Menu
×

Travelling Menyenangkan ke Embung Batara Sriten Gunung Kidul

Traveling ke Yogyakarta tidak akan ada habisnya. Anda akan dimanjakan dengan banyak keindahan alamnya yang luar biasa seperti Embung Batara Sriten yang terletak di daerah Gunungkidul. Ternyata, Gunungkidul tidak hanya terkenal akan ikan segar dan juga pantai pasir putihnya yang mempesona. Sekarang sudah ada lokasi wisata baru berupa waduk buatan yang juga dikenal dengan nama embung. Embung ini sangat unik karena menggunakan nama salah satu dewa dalam kisah perwayangan asli Jawa. Yang membuat embung ini menjadi sangat istimewa adalah karena lokasinya berada di daerah paling tinggi di Gunungkidul.

Biaya tiket masuk ke dalam Embung Batara Sriten ini sangat terjangkau. Hanya cukup membayar Rp 3.000 per orang, Anda sudah bisa memasuki kawasan ini sepuasnya. Sedangkan biaya lainnya hanya membayar biaya parkir untuk motor sebesar Rp 2.000 per motor dan untuk mobil seharga Rp 10.000 per mobil. Embung ini buka setiap hari tanpa batas sehingga saat libur atau tidak Anda bisa tetap datang berwisata. Saat sedang dalam perjalanan menuju embung ini maka Anda pasti akan merasa tegang. Jalannya berliku-liku penuh dengan tanjakan yang cukup curam. Disarankan untuk yang sudah berpengalaman dalam medan seperti itu jika akan membawa kendaraan sendiri.

Embung Batara Sriten

sumber foto: Instagram @areajogja

Separuh perjalanan Anda menuju Embung Batara Sriten akan melewati jalanan berupa batuan kapur sepanjang 5 kilometer lebih. Melewati jalanan ini Anda harus hati-hati agar tidak terjatuh terutama yang menggunakan motor. Lokasi wisata ini berada di ketinggian 800 mdpl dimana letaknya tepat berada di kawasan pegunungan yang bernama Baturagung. Lokasinya yang berada puncak tertinggi di Gunungkidul membuat Anda selalu merasakan hembusan angin segar. Jika menjelang sore hari maka angin akan semakin besar dan tentunya Anda perlu mengenakan jaket. Begitu sampai ke tempat ini maka Anda akan dimanjakan dengan banyaknya warung yang dikelola oleh penduduk lokal yang menjual berbagai minuman hangat seperti kopi tubruk asli, teh dan makanan lainnya. Anda bisa bersantai sambil menikmati panorama yang sangat indah disana.

Embung Batara Sriten Gunung Kidul

Sumber gambar: akun IG @rsugengutomo

Pengelola menyediakan gazebo untuk pengunjung bersantai selama berkunjung ke embung tersebut. Untuk yang ingin bersantai di bawah pohon di sekitar embung, Anda bisa tiduran di ayunan hammock. Liburan di Gunungkidul akan terasa sangat menyenangkan dengan pengalaman unik seperti itu. Dekat dengan lokasi embung, ada juga puncak yang bernama Puncak Tugu Magir. Biasanya banyak pengunjung embung yang sekaligus berwisata kesana menikmati pemandangan yang paling tinggi untuk melihat kebawah. Menikmati pemandangan matahari tenggelam secara langsung dari Embung Batara Sriten akan sangat menyenangkan dan sangat indah untuk dilewatkan begitu saja. Bagaimana? Menarik, bukan? Selamat berwisata dan explore Gunungkidul Yogyakarta.

Letak Embung Batara Sriten di Google Map :

Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^