Menu
×

Wisata Pantai Pok Tunggal Liburan Bersama Teman dan Keluarga

Berlibur ke Jogja merupakan keinginan sebagian besar orang. Keistimewaan setiap tempat wisata di Jogjakarta memang mengundang rasa penasaran. Terlebih lagi jika Anda mengunjungi Kabupaten Gunung Kidul. Anda akan dibuat heran dengan objek wisata yang tidak akan ada habisnya.  Namun, ada satu tempat wisata yang sangat disukai oleh para wisatawan, khususnya wisatawan remaja yaitu Pantai Pok Tunggal.

  • Pok Tunggal, Nama yang Unik

Nama Pok Tunggal sebenarnya diambil dari sebuah pohon yang tumbuh subur di sekitar pantai. Pohon ini bernama Pohon Duras yang artinya Pohon Pokok. Pohon tersebut hanya ada satu dan tumbuh subur di sekitar pantai. Oleh karena itu, masyarakat memberi nama pantai tersebut dengan nama Pantai Pok Tunggal. Masyarakat sekitar pantai sangat menjaga dan merawat pohon ini, maka dari itu setiap wisatawan yang berkunjung ke pantai dihimbau untuk tidak melakukan kerusakan. Pantai ini terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Jogjakarta. Pantai ini mulai dibuka sebagai tempat wisata pada tahun 2012. Seiring dengan perkembangan teknologi, pantai ini mulai dikenal masyarakat luas hingga saat ini.

  • Sebuah Pantai dengan Dua Bukit

Seperti pantai yang berada di Gunung Kidul lainnya, pantai ini memiliki pasir yang berwarna putih bersih. Letaknya yang berada di garis selatan membuat pantai ini mudah dikenal dan ramai wisatawan. Jika Anda berkunjung kesini, Anda akan terperanjat melihat keindahan yang nyata. Pandangan Anda akan tertuju ke bukit yang ada di pantai ini. Pantai Pok Tunggal diapit oleh dua bukit yang indah, yaitu bukit tirta yang berada di sebelah barat dan bukit panjong yang berada disebelah timur. Keindahan makin bertambah menawan kala Anda menikmati matahari terbenam pada senja hari di pantai.

Pohon Duras yang menjulang tinggi dan tumbuh di pinggir pantai seolah menjadi simbol tersendiri untuk pantai ini. Mata air yang mengalir di antara barisan tebing menjadi pelengkap sempurnanya keindahan di pantai ini. Tidak hanya sekedar berkunjung kepantai, sebagian besar para wisatawan menjadikan tempat ini untuk bermalam dengan mendirikan sebuah tenda.

  • Fasilitas yang Bagus

Seiring dengan pesatnya jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke pantai, pemerintah bekerjasama dengan masyarakat sekitar untuk membangun fasilitas-fasilitas umum yang dibutuhkan. Jika Anda berkunjung ke pantai ini, Anda bisa menyaksikan tatanan fasilitas-fasilitas umum  yang ada di sekitar pantai dan bisa dibilang bagus. Fasilitas-fasilitas tersebut diantaranya adalah toilet umum, tempat parkir kendaran, payung pantai, tenda dome, warung makan dan area untuk camping.

Pantai Pok Tunggal

sumber gambar: IG @agilnino33

Nah, bagi Anda yang sedang berlibur ke Jogja dan sekitarnya atau yang sedang merencanakan untuk liburan ke Jogja, Pantai Pok Tunggal bisa dijadikan pilihan sebagai tempat wisata pantai yang akan Anda kunjungi. Pantai ini sangat cocok untuk  tempat berlibur bersama keluarga, bersama teman ataupun tempat untuk acara honeymoon Anda.

Baca Juga:

Romantisme Alam di Pantai Indrayanti
Keindahan Ombak Lembut Menyolek Bibir Pantai Ngeden Gunung Kidul

Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^