Menu
×

Keanekaragaman Laut dengan Terumbu Karang di Pantai Sepanjang

Apabila Anda ditanya oleh seseorang apakah Anda pernah mengetahui di mana Pantai Sepanjang, reaksi yang paling mungkin Anda berikan adalah kebingungan dan ketidaktahuan. Tak heran mengingat banyak wisatawan, bahkan mungkin termasuk Anda, yang masih memilih Bali sebagai destinasi wisata pantai utama dalam rencana wisata mereka. Banyaknya pilihan pantai yang tersedia membuat Anda melupakan pantai-pantai lain di luar Bali yang juga memiliki keindahan serupa. Salah satu pantai tersebut adalah pantai yang telah disebutkan di atas.

Pantai Sepanjang: Kuta Tempo Doeloe

Pantai Sepanjang merupakan salah satu dari pantai-pantai yang masih terletak di Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang memiliki jarak terjauh dari pusat kota Yogyakarta. Hal tersebut membuat pantai ini tidak dipadati oleh wisatawan yang datang berkunjung. Walaupun harus menempuh jarak yang cukup jauh, ketenangan dan keasrian pantai ini cukup menembus perjalanan jauh yang harus ditempuh oleh wisatawan.

Garis pantai yang cukup panjang membuat pantai ini cocok dijadikan sebagai tempat berjemur tanpa harus berdesak-desakan dengan pengunjung lainnya. Apabila dibandingkan dengan Pantai Kuta di Bali yang sangat penuh dengan wisatawan, pantai ini menawarkan kebebasan bagi pengunjung untuk menikmati sinar matahari dan ketenangan dengan sedikitnya jumlah wisatawan yang berkunjung. Hal tersebut membuat pantai ini dijuluki sebagai “Kuta Tempo Doeloe” oleh wisatawan dan warga lokal.

Ketika Anda memasuki wilayah pantai ini, jangan kaget apabila Anda melihat pantai ini bersatu dengan pemukiman warga lokal. Di pinggir pantai terdapat sebuah bukit melandai yang dijadikan sebagai lahan untuk menanam jagung dan kedelai oleh warga setempat. Namun, ketenangan dari pantai ini tidak serta-merta menghilang karena pemukiman warga lokal sendiri berjarak beberapa kilometer dari pantai. Di desa tersebut, Anda dapat berkunjung untuk makan di rumah warga setempat atau membeli kerajinan tangan warga setempat yang terbuat dari kulit kerang sebagai buah tangan.

Pantai Sepanjang

sumber foto: Instagram @jospictr

Selain ketenangan dan keleluasaan yang ditawarkan oleh Pantai Sepanjang, pantai ini juga memiliki keanekaragaman laut yang sangat beragam dengan aneka terumbu karang beraneka warna. Terumbu karang tersebut dapat dilihat ketika air pantai surut. Ketika pantai sedang pasang, Anda dapat menikmati sinar matahari dan semilir angin pantai dari kursi-kursi pantai yang tersedia di sepanjang pantai atau dari saung-saung kayu yang terdapat di pinggir pantai sambil menikmati camilan dan minuman dingin yang dijual di sekitar pantai.

Kesimpulannya, Pantai Sepanjang merupakan alternatif yang sangat cocok bagi Anda yang merasa bosan akan pantai-pantai di Bali yang telah dipenuhi oleh jumlah wisatawan yang sangat tinggi atau bagi Anda yang ingin bersantai di bawah sinar matahari tanpa harus pergi jauh keluar pulau.

Artikel Sebelumnya:

Keindahan Ombak Lembut Menyolek Bibir Pantai Ngeden Gunung Kidul
Wisata Pantai Pok Tunggal Liburan Bersama Teman dan Keluarga

Tags:  
Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^