Menu
×

Pemandangan Hijau nan Asri Candi Barong di Bukit Batur Agung

Candi Barong merupakan candi Hindu yang dibangun sekitar pada abad ke-9 hingga abad ke-10 Masehi. Lokasinya berada di Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Akses jalan menuju tempat ini berupa jalanan yang menanjak. Keberadaannya ditemukan oleh orang Belanda sekitar tahun 1913 yang kala itu sedang melakukan perluasan perkebunan tebu. Pada tahun 1987 dilakukan pemugaran, dan pada tahun 1992 candi utamanya selesai dipugar. Komplek candi ini berada di ketinggian yakni puncak dari perbukitan Batur Agung.

Lokasi Candi Barong di Google Map:

Perbukitan tempat candi dibangun merupakan dataran tinggi yang penuh dengan batu cadas. Daerah tersebut memiliki kesuburan yang kurang baik, karena itulah dibangun candi ini sebagai tempat memohon agar alam di sekitar menjadi lebih subur. Candi yang menghadap ke sisi barat ini memiliki arca Dewi Sri yang merupakan dewi kesuburan bagi umat Hindu dan merupakan istri dari Dewa Wisnu. Halaman dari area candi terdapat 3 teras, bagian depan di sisi barat lebih rendah, bagian tengah, dan bagian paling tinggi berada di belakang di sisi timur.

Candi Barong

sumber gambar: IG @must_are_if

2 candi kembar berdiri di pelataran yang tertinggi dari komplek Candi Barong. Tinggi dari bangunan candi mencapai ukuran sekitar 9,25 meter dengan luas area alasnya berukuran 8,25 meter x 8,25 meter. Terdapat perbedaan dari bentuk candi ini dibandingkan dengan candi Hindu lainnya, yaitu tidak adanya ruangan di bagian dalam candi atau yang sering disebut dengan bilik candi. Bagian dinding candi juga tidak memiliki relief seperti kebanyakan candi lainnya, dindingnya hanya berupa balok batu cadas. Bentuk atap dari dua candi tersebut berbentuk 4 tingkat. Bangunan yang mirip dengan pendopo tempat pemujaan berada di teras tingkat dua. Bangunan tersebut berukuran 12,3 x 7,8 meter.

Baca Sebelumnya : Candi Kalasan, Candi Budha Tertua di Pulau Jawa

Dua bangunan candi di komplek candi ini memiliki relung di setiap sisinya. Relung tersebut dihiasi dengan Kala Barong, makhluk suci yang bertugas menjaga candi menurut ajaran Hindu. Kala Barong inilah yang membuat masyarakat setempat menyebutnya dengan Candi Barong. Pada awalnya bangunan ini bernama Candi Suragedug, namun karena kebiasaan masyarakat sekitar yang menyebutnya dengan Barong, candi ini dikenal dengan nama yang lain. Selain kala-kala barong, candi ini juga memiliki ornamen lain yang disebut Ghana. Ghana berupa raksasa berukuran kecil yang menumpu bagian relung candi.

Pelatarannya cukup luas sehingga pemandangannya lebih indah terlebih lagi posisinya yang berada di ketinggian, cocok bagi Anda yang ingin melihat sunset dengan cahaya keemasannya yang menyinari bangunan candi. Selain mengamati dan menikmati arsitektur kuno dari bangunan Candi Barong, pengunjung juga bisa melihat pemandangan desa yang hijau dan beberapa aktivitas penduduk setempat yang berada di lahan persawahan. Fasilitas yang disediakan di tempat ini hanyalah halaman untuk parkir kendaraan.

Tags:  
Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^
1
×
Halo, dengan RentalMobilJogja.ID. Ada yang mau ditanyakan?