Menu
×

Mengenal Lebih dalam Salah Satu Destinasi Wisata di Jawa tengah, Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan salah satu candi yang ada di Jawa Tengah, tepatnya ada di Jalan Badrawati, Magelang, Jawa Tengah. Candi ini telah dimasukkan oleh UNESCO ke dalam salah satu situs warisan dunia semenjak tahun 1991. Selain itu, candi ini nyatanya juga telah masuk dalam kompleks candi Budha terbesar di  Indonesia bahkan dunia. Tak salah jika banyak wisatawan yang memiliki ketertarikan untuk berkunjung ke candi yang begitu megah ini.

Candi Borobudur  diketahui memiliki luas 123 x 123 meter persegi dengan 10 tingkat. Kompleks yang terlihat seperti susunan lego raksasa ini, tersusun dari balok-balok vulkanik yang telah membentuk 504 arca, 72 stupa dan 1 buah buah stupa induk yang ada di bagian puncaknya. Yang menjadikan bangunan ini  unik yaitu, tak ada perekat dalam proses pembuatannya. Di bagian dinding, ada relief yang jumlahnya mencapai 1.460 dengan panjang masing-masing panel  sekitar 2 meter. Dalam relief tersebut, diceritakan tentang tingkatan kehidupan Budha. Mulai dari yang paling bawah, hingga tingkatan paling atas. Paling bawah disebut dengan ‘Kamadathu’, yang menceritakan tentang perilaku manusia yang masih buruk. Tingkatan ini menceritakan perilaku manusia yang masih memuja dunia dan masih mengagungkan hawa nafsunya. ‘Rapadathu’ merupakan sebutan untuk relief yang ada di bagian tengah. Relief ini menceritakan tentang tingkatan manusia yang sudah terbebas dari hawa nafsu dunia. Sedangkan tingkatan teratas ada ‘Arupadhatu’, yang menceritakan tentang tingkatan teratas pencapaian manusia dimana dewa telah bersemayam.

Candi Borobudur Magelang

Sumber foto: akun instagram @herlindarima

Sebenarnya menurut para ahli sejarah, ada panel relief lain yang berada di bagian terbawah candi tersebut. Panel relief tersebut disebut dengan ‘Karmawibhangga’. Tingkatan ini merupakan tingkatan terbawah manusia. Namun sayangnya, panel relief ini telah terkubur. Terkuburnya relief ini bukan karena tanpa alasan. Setidaknya ada dua alasan kenapa relief tersebut sampai terkubur. Yang pertama karena gambar relief yang dianggap tak sopan, dan yang kedua karena upaya pengokohan candi agar bisa berdiri tegak.

Jika Anda berkesempatan untuk berkunjung ke candi yang dibangun pada Dinasti Syailendra ini, ada banyak hal yang bisa Anda peroleh dari tempat ini. Pertama Anda bisa mempelajari tentang sejarah, seni budaya hingga sastra. Selain itu, Anda juga bisa hunting foto, karena pemandangan indah serta menakjubkan selalu dihadirkan oleh Candi Borobudur.

Yang tak kalah menarik, tentu berhubungan dengan souvenir yang bisa Anda dapatkan di kompleks candi ini. Berbagai jenis souvenir hadir untuk memuaskan hasrat berbelanja Anda. Apabila Anda berkunjung disaat-saat tertentu, misalnya hari raya Waisak, maka Anda akan menemukan banyak pemeluk agama Budha yang singgah di tempat ini. Hal ini tak lain karena Candi Borobudur merupakan salah satu tempat peribadatan yang berpengaruh untuk umat Budha.

Candi Borobudur di Google Map :

Tags:  
Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^
1
×
Halo, dengan RentalMobilJogja.ID. Ada yang mau ditanyakan?