Menu
×

Arca Berbentuk Dewa Ganesha di Candi Kimpulan

Selain mempunyai wisata pantai yang indah dan terkenal, Provinsi DI Yogyakarta juga terkenal akan peninggalan kebudayaan dan sejarahnya. Hal ini sudah terbukti jelas dengan banyaknya situs sejarah, berupa bangunan candi, arca dan relief-relief yang terlihat di dalamnya. Sebelumnya memang hanya beberapa bangunan candi saja yang terkenal, yaitu merupakan candi yang terawat dengan baik hingga saat ini, salah satunya adalah Prambanan. Namun, sebagai penduduk Indonesia sepantasnya kita mengetahui bahwa masih ada banyak sekali candi-candi yang terdapat di Yogyakarta, salah satunya adalah Candi Kimpulan.

Nama candi ini berasal dimana letak candi ini ditemukan, yaitu di Dusun Kimpulan, Ngemplak, Sleman, DI Yogyakarta. Berdasarkan dari informasi yang beredar, candi ini ditemukan pada tahun 2009 dan pertama kali diresmikan pada tahun 2011 lalu oleh Ir. Jero Wacik SE, selaku Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia. Candi ini merupakan bangunan yang berlatar belakang agama Hindu yang diperkirakan sudah ada pada masa Kerajaan Mataram Kuno. Dalam kompleks candi ini ditemukan 10 candi yang ditemukan terpendam.

Ada hal menarik yang terdapat di candi ini, yaitu ditemukannya arca berbentuk Dewa Ganesha yang letaknya berdekatan dengan linggah nyoni. Kemudian, pada sebuah lempengan emas dan perak terdapat sebuah kotak pipih yang berada di dalam 3 baris tulisan Jawa kuno yang diketahui sebagai mantra agama Hindu yang digunakan pada abad ke-9 Masehi. Itulah alasannya, mengapa candi ini sangat menarik untuk didatangi, yaitu karena para wisatawan merasa penasaran atas hal-hal menarik dan unik yang terdapat pada candi ini.

Candi Kimpulan

Yg ditemukan dari penemuan candi kimpulan, ada ganesha didalemnya, lempengan emas, lempengan berbentuk kelopak bunga, gelang tembaga, peripih, mangkuk perunggu dan isinya. sumber foto : Akun IG @resicute

Kemungkinan besar, penyebab terkuburnya Candi Kimpulan ini adalah akibat bahan material dari letusan Gunung Merapi yang terbawa oleh sungai yang berada di sekitar candi. Walaupun, sudah lama terpendam dan terkena lahar dingin, struktur candi masih terlihat jelas. Untuk sampai ke candi ini, para wisatawan harus pergi ke Universitas Islam Indonesia, karena letaknya memang berada di lingkungan kampus tersebut.

Lokasi dan Rute Perjalanan Ke Candi Kimpulan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, candi ini berada di lingkungan Universitas Islam Indonesia, yang tepatnya berada di alamat Jalan. Kaliurang Km 14.5, Kab. Sleman, Prov. DI Yogyakarta. Para wisatawan yang ingin berkunjung ke candi ini bisa memulai rute perjalanan dari kota Yogyakarta menuju Jln. Kaliurang. Kemudian, hanya tinggal melewati jalan lurus ke arah utara untuk sampai ke Universitas Islam Indonesia.

Untuk bisa masuk ke lingkungan UII, para wisatawan harus meminta ijin terlebih dahulu kepada penjaga setempat. Biasanya, ketika meminta ijin dengan senang hati mereka akan menunjukkan dimana tempat candi berada, sehingga para wisatawan tak perlu merasa kebingungan untuk melakukan pencarian lagi.

Lokasi Google Map Candi Kimpulan

No Tag have Found!
Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^