Menu
×

Hutan Pinus Mangunan, Spot Berburu Foto ala Film Twilight

Hutan pinus Mangunan Imogiri adalah kawasan wisata yang termasuk dari bagian RPH (Resort Pengelola Hutan) Mangunan. Lokasi hutan yang tidak jauh dari Imogiri membuat obyek wisata ini dengan nama Hutan Pinus Imogiri. Di hutan pinus ini pengunjung dapat menyaksikan barisan pohon pinus yang tinggi menjulang. Sangat cantik sebagai spot berburu foto ala film Twilight. Sekilas pandang hutan pinus ini memang mirip seperti lokasi shooting film Twilight. Cahaya matahari yang merambat lurus menerobos deretan pohon pinus seketika mengingatkan salah satu adegan dalam film romansa Bella Swan dengan vampir ganteng Edward Cullen.

Dengan pengambilan sudut gambar yang pas, maka foto dengan latar hutan pinus rimbun pastinya memberi sensasi bak liburan di luar negeri. Tidak sedikit pula pasangan muda berfoto seperlu membuat foto prewedding di tempat ini. Selain itu, para pengunjung juga dapat menyibukkan diri dengan trekking menapaki jalur outbond Wartu Abang dan menuju ke sumber mata air Bengkung.

Kawasan wisata hutan pinus Imogiri tidak hanya menjadi spot menarik untuk berfoto. Namun, dapat pula menjadi tempat syahdu seperlu menenangkan jiwa. Ribuan pohon pinus tumbuh dalam barisan teratur. Bila angin bertiup, maka akan terdengar harmonisasi alam dari dersik dedaunan. Udara dan aroma yang tercium pun amat khas hutan pinus yang menenangkan. Pengunjung bisa bersantai menikmati suasana di atas ayunan hammock ataupun di bawah kanopi dedaunan pinus. Karenanya tidak heran bila banyak pengunjung dibuat jatuh hati dengan kawasan wisata hutan pinus Mangunan ini.

Lokasi dan Tiket Masuk Hutan Pinus Mangunan

Hutan pinus Mangunan berlokasi di desa Dlingo, Mangunan, Bantul. Bagi para pengunjung tidak dikenai tiket masuk. Adapun para pengunjung hanya diwajibkan membayar ongkos parkir sebesar Rp 10.000/ mobil atau Rp 3.000/ motor. Jadi bisa dibilang destinasi wisata ini termasuk paket liburan hemat yang sayang dilewatkan.


Rute Menuju Hutan Pinus Mangunan

Kawasan hutan pinus di Mangunan Bantul ini bisa dicapai dengan mengendarai kendaraan pribadi atau rental mobil di Jogja. Pasalnya sampai saat ini belum tersedia transportasi umum yang melayani rute menuju kawasan hutan pinus.

Adapun dari Yogya kota, pengunjung dapat mengambil rute terminal Yogya lalu menuju jalan Imogiri Timur. Lanjutkan perjalanan hingga menemukan pertigaan Imogiri dan ambil arah menuju makan raja-raja Imogiri. Terus pacu kendaraan hingga masuk daerah Mangunan dan disana banyak terdapat petunjuk jalan menuju kawasan hutan pinus Mangunan.

Lokasi Menarik Sekitar Hutan Pinus

Tidak hanya menjanjikan hutan pinus eksotis bak lokasi shooting filng Hollywood. Tetapi di sekitar hutan pinus Mangunan juga terdapat sejumlah lokasi menarik yang layak dikunjungi. Tidak jauh dari lokasi hutan pinus terpasang papan petunjuk jalan menuju beberapa lokasi menarik. Misalnya saja Gia Gajah, Kebun Buah Mangunan, Penangkaran Rusa Timur, Wisata Kedung Tolok, dan Religi Gunung Kendil.

Bila memang masih memiliki waktu luang tidak ada salahnya juga mampir ke Mangunan. Lokasinya cukup ditempuh 15 menit saja dari kawasan hutan pinus. Di Mangunan pengunjung juga bisa melihat panorama hutan pinus yang tidak kalah cantiknya. Di Mangunan pengunjung bisa memilih singgah di hamparan perkembunan buah atau mendaki puncak bukti Mangunan seperlu menyaksikan langsung panorama dari ketinggian. Dari atas ketara jelas aliran sungai yang membelah daratan Imogiri dan perbukitan.

Sepulang dari hutan pinus, ada pula tempat jajanan menarik wajib coba. Salah satu tempat yang direkomendasikan yaitu Ice Cream Pot. Sekilas pandang mungkin akan merasa jijik karena wujudnya seperti tanaman bunga yang ditanam dalam pot kecil dan penuh dikelilingi cacing. Namun, sekali santap dijamin membuat ketagihan. Cacing yang dimaksud adalah jeli, sedangkan tanah sebagai media tanam merupakan es krim yang siap santap.

Selain itu ada pula tempat jual makanan yang sudah melegenda. Tempat yag dimaksud yaitu Thiwul Ayu Mbok Sum. Pengunjung bisa membeli oleh-oleh makanan khas yang diolah dari tepung gaplek, gula, dan kepala. Dijamin rasanya membuat lidah bergoyang. Rasa gurih dan manis dari kelapanya pun membuat Thiwul ini menjadi jajanan wajib coba saat main atau berwisata ke hutan pinus Mangunan.

No Tag have Found!
Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^