Menu
×

Berwisata Ziarah Di Makam Raja Imogiri: Makam-Makam Para Raja Mataram

Mendengar kata Imogiri, mungkin anda akan teringat dengan wisata Hutan Pinus Imogiri, salah satu wisata yang cukup hits di Imogiri, Jogja. Namun sebenarnya wisata di Imogiri tak hanya melulu soal hutan pinus. Ada banyak tempat wisata menarik lainnya yang layak dikunjungi. Bagi anda pecinta sejarah, mungkin Makam Imogiri menjadi tempat yang tak boleh terlewatkan saat berada di Imogiri, Jogja.

Makam Imogiri Jogja merupakan makam-makam milik Raja-Raja Mataram yang berada di Perbukitan Imogiri Bantul. Makam ini memang diperuntukkan bagi makam raja serta kerabat dari Kerajaan Mataram Islam beserta para keturunannya.

Harga Tiket Masuk

Wisata Makam Imogiri ini buka dari pukul 8 pagi hingga 4 sore. Untuk harga tiket masuknya sendiri, pengunjung tidak dibebankan biaya khusus. Hanya sukarela saja. Sehingga pengunjung bebas memberikan biaya tiket masuk ke dalam makam Imogiri.

IG @anthoniusrahardja

Lokasi Wisata

Wisata Makam Imogiri ini berada di Dsn Pajimatan, Girirejo, Imogiri, Bantul. Jaraknya sekitar 17,3 km dari kota Jogja. Untuk menempuh lokasi wisata, kurang lebih bisa memakan waktu hingga 45 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi. Namun bagi anda yang tidak membawa kendaraan, anda dapat menggunakan minibus dari Kota Jogja.

Rute yang dapat ditempuh, anda bisa mengambil titik lokasi dari perempatan nol km kemudian belok kiri menuju perempatan Gondomanan. Setelah itu belok kanan ke jalan Brigjen Katamso. Dari perempatan jalan Parangtritis, anda bisa belok ke arah kiri menuju Jalan Kol. Sugiyono. Sesampainya di pertigaan belok ke Jalan Sisingamangaraja dan kemudian lurus terus ke Jalan Imogiri Barat. Setelah itu anda tinggal mengikuti papan penunjuk arah menuju Makam Imogiri.

Bagi Anda yang ingin bepergian ke Makam Raja Imogiri, Anda bisa menyewa di rental mobil Jogja yang banyak tersebar di wilayah Yogyakarta. Jogja Empat Roda salah satunya.

Baca Juga : Taman Sungai Mudal, Wisata Alam Baru di Kulonprogo

Wisata Ziarah

Tak hanya belajar banyak tentang sejarah, pengunjung yang datang dapat melakukan ziarah ke makam-makam Raja Imogiri ini. Pada bulan Suro, ada acara khusus yaitu upacara pembersihan “nguras”. Saat  memasuki area makam, ada 4 buah gentong dengan ukuran yang cukup besar dan dikenal sebagai Kong Enceh. Gentong ini berisikan air yang digunakan untuk membersihkan kaki para pengunjung yang datang.

Saat proses upacara pembersihan berlangsung, biasanya banyak para pengunjung yang datang dengan membawa botol maupun drijen dengan maksud mengambil air di dalam gentong. Banyak masyarakat yang menggunakan air tersebut untuk mencuci kaki, tangan hingga wajah dengan maksud mendapat berkah dan kesehatan.

TG @kinansiddik

Peraturan Khusus Bagi Pengunjung Yang Datang

Hingga kini, untuk bisa memasuki Makam Imogiri memang tidak bisa sembarang orang karena makam ini termasuk dikeramatkan. Ada persyaratan khusus yang harus dilakukan bagi pengunjung yang datang dan berziarah ke makam Imogiri.

  • Para pengunjung dilarang untuk menggunakan alas kaki
  • Dilarang membawa kamera
  • Dilarang membawa perhiasan, terutama yang berbahan emas
  • Mengenaka pakaian khas jawa. Untuk laki-laki menggunakan blangkon, kain, beskap, sabuk, Samir, dan timang. Sedangkan untuk wanita mengenakan kain panjang dan kemben
  • Pengunjung harus berbuat sopan, tidak boleh berburu, mencabut tanaman, dan mengambil kayu

Related Post : Fakta Menarik Gereja Ayam, Wisata Tersembunyi di Balik Hutan

No Tag have Found!
Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^
1
×
Halo, dengan RentalMobilJogja.ID. Ada yang mau ditanyakan?