Menu
×

Belajar Budaya di Museum Ullen Sentalu di Jl Boyong, Pakem

Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, terdapat sebuah obyek wisata bernama Museum Ullen Sentalu di Jalan Boyong, Pakem. Obyek ini sudah cukup dikenal banyak orang, namun masih ada sebagian yang belum mengetahuinya. Sebagai informasi, tempat ini terletak di daerah Kaliurang. Bagi orang Yogya, tentu daerah ini tak asing lagi dengan kawasan ini. Begitu memasuki kawasan museum, hawa yang sejuk dan sedikit dingin akan menyambut pengunjung. Udara di Kaliurang memang sedikit lebih sejuk dibandingkan dengan hawa di pusat kota Yogyakarta. Di sini udaranya paling rendah mencapai 15 derajat celcius.

Museum ini menyuguhkan berbagai benda unik salah satunya adalah lukisan naratif. Salah satu lukisan yang bisa disaksikan di tempat unik ini yaitu lukisawewarah yang di dalamnya terdapat Ibu Ageng dan Ratu Alit, dua tokoh penting dalam masa pemerintahan PB XII. Memasuki Museum Ullen Sentalu di Jalan Boyong, Pakem akan membuat Anda merasakan hidup di zaman dahulu karena dari arsitekturnya hingga perabot yang ada ada di dalamnya memiliki nilai histori. Selain lukisan, di museum ini juga terdapat Ruang Gamelan yang terdiri dari koleksi antik gamelan-gamelan kuno.

Museum Ullen Sentalu

Sumber gambar : Akun Instagram @safiraaul

Uniknya, barang-barang yang ada di museum ini tak berlabel seperti museum-museum pada umumnya. Namun, Anda jangan khawatir karena akan ada tourguide yang menemani dan menjelaskan seluruh koleksi yang ada di sana. Museum Ulen Sentalu di Jalan Boyong, Pakem dibangun di area Taman Kaswargan. Taman ini telah dibangun sejak 1985. Arti nama Kaswargan  memiliki arti Surga yang berasal dari Bahasa Jawa. Pemandangan tamannya memang seolah seperti dunia. Sejuk, rindang, dan memiliki atmosfer yang sangat unik. Dipastikan Anda akan merasa betah saat berada di kawasan ini.

Museum ini buka setiap hari kecuali hari Senin. Untuk harga tiketnya hanya Rp 30.000 untuk turis domestik dan Rp 50.000 untuk turis yang berasal dari mancanegara.  Jam bukanya yaitu jam 08.30 pagi hingga jam 4 sore. Di saat weekend atau hari libur, jam bukanya hingga pukul 5 sore. Saat Anda berkunjung d sini, maka patuhilah peraturan yang berlaku. Terdapat larangan yang tidak memperbolehkan Anda untuk memotret area museum. Hanya ada spot-spot tertentu saja yang diperbolehkan. Jika datang bersama rombongan, ada baiknya Anda konfirmasi terlebih dahulu pada pihak pengelola agar kunjungan Anda lebih nyaman.

Baca Juga : Jangan Lupakan Sejarah, Berkunjunglah ke Monumen Jogja Kembali!

Museum Ullen Sentalu di Jalan Boyong, Pakem bisa menjadi tempat liburan yang berarti bagi Anda dan keluarga. Tak hanya bisa merasakan dinginnya udara Kaliurang yang enak, Anda juga akan dibawa mengelilingi area museum yang kaya akan nilai sejarah. Tak perlu ragu untuk datang ke tempat yang unik dan asyik ini. Segeralah rencanakan liburan Anda dengan belajar budaya Jawa di Ullen Sentalu.

Lokasi Museum Ullen Sentalu di Google Map

Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^
1
×
Halo, dengan RentalMobilJogja.ID. Ada yang mau ditanyakan?