Menu
×

Pantai Kesirat, Tempatnya Mancing dan Lihat Sunset

Yogyakarta tidak ada habisnya untuk dibicarakan, baik budayanya, seninya, kulinernya bahkan pesona alamnya. Untuk melihat pesona alam yang indah, Anda bisa mengunjungi salah satu pantai di Gunung Kidul, namanya pantai Kesirat. Ada juga yang menyebutnya pantai Gesirat.

Meski tidak sepopuler pantai-pantai lainnya di Wonosari Gunung Kidul, namun pantai ini memiliki keunikan tersendiri dan panorama sunset yang mempesona. Pantai Kesirat tidak tidak memiliki hamparan pasir seperti pantai pada umumnya. Karakter pantainya mirip seperti pantai Ngungap di Gunug Kidul. Pantai ini hanya berupa tebing yang berbatasan langsung dengan laut lepas. Anda bisa menikmati panorama laut selatan serta debur ombak yang eksotis dari atas tebing ini.

Pantai Kesirat memiliki ciri khas seperti pantai Pantai Pok Tunggal, yakni adanya sebuah pohon, nama pohon tersebut adalah pohon Gebangkoro. Waktu Sore adalah waktu yang tepat untuk mengujungi pantai ini karena kita bisa secara langsung melihat Sunset atau matahari tenggelam. Gradasi warna kuning matahari berpadu dengan birunya langit melatarbelakangikeindahan pohon sebagai latar depanmenciptakan suasana matahari terbenam yang sangat indah. Apabila Anda ingin lebih menikmati pantai ini, Anda bisa camping di atas tebing ini sambil menikmati sunset yang memukau.

Untuk menuju Pantai Kesirat, ada baiknya menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Anda bisa menikmati berbagai pengalaman menyenangkan saat mengunjungi pantai tersebut. Bisa dikatakan, pantai tersebut masih alami. Artinya memang belum banyak dikunjungi.

Pantai ini sering digunakan oleh kelompok nelayan lokal untuk menangkap ikan dan juga lobster. Di sini sedikitnya ada 3 kelompok nelayan yang tiap hari mengais rejeki dari menangkap ikan di pantai ini. Banyak tali-tali tambang yang ada dan digunakan untuk memasang jaring. Biasanya mulai sore bakda ashar mereka mulai memasang jaring dan paginya mereka angkat hasil jaringannya. Ikan yang didapatnya pun tidak tentu kadang sedikit, kadang banyak juga, tetapi rata-rata bisa mendapatkan hasil tangkapan diatas 30 kilogram. Namun bagi pengunjung yang mau mancing, siap-siap membawa perbekalan pancing yang lengkap, karena kadang kail bisa mengenai batu karang.

Yang perlu diperhatikan lagi adalah Anda harus membawa payung/topi serta perbekalan konsumsi yang cukup, karena di sekitar pantai belum ada yang berjualan makanan maupun minuman. Di dekat pantai Kesirat terdapat pantai pasir putih yang sangat bagus, namanya pantai Wohkudu. Untuk informasi, lokasi dan rute menuju pantai Wohkudu akan saya tuliskan pada artikel berikutnya.

Lokasi Pantai

Pantai Kesirat terletak di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul. Tidak ada papan yang menunjukkan jalan ke pantai kesirat ini, jadi Anda harus lebih kreatif untuk menanyakan kepada warga setempat.

No Tag have Found!
Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^