Menu
×

Destinasi Wisata Favorit Waduk Cengklik

Kawasan wisata Waduk Cengklik merupakan salah satu objek wisata yang sangat mempesona. Terletak di Boyolali yang dikenal sebagai kota singgahan atau transit. Objek wisata ini terletak di Desa Ngargorejo, tidak jauh dari Bandar Udara Adi Sumarmo di dekat kota Solo. Seperti namanya, objek wisata ini merupakan penampungan dan sumber air untuk sawah dan masyarakat sekitar. Lokasi kawasan waduk sangat mudah untuk ditemukan masyarakat. Kawasan waduk ini dapat ditempuh dengan kendaraan umum maupun pribadi. Untuk pengunjung yang berangkat dari pusat kota Solo dapat mengambil ke arah barat untuk menuju ke Boyolali, kemudian menuju ke Bandara Adi Sumarmo.

Asal usul dari pembangunan Waduk Cengklik ini juga tentunya memiliki nilai sejarah. Pembangunan waduk pada era pemerintahan tentara Belanda memiliki kerja sama dengan Pura Mangkunegaran pada tahun 1926 hingga 1928. Tujuan dari pembangunan waduk tersebut ialah untuk memberikan kebutuhan air sawah dan perkebunan milik Pura Mangkunegaran. Nama Cenglik berasal dari dukuh pertama pada saat awal mula terbentuknya waduk, yaitu Dukuh Cengklik. Pada tahun 1970, waduk tersebut memiliki luas sekitar 250 hektar dengan volume air sebesar 17,5 juta meter kubik. Seiring dengan perkembangan waktu, volume air yang tertampung semakin berkurang.

Waduk Cengklik

Sumber gambar: Akun IG @wahiddhimar

Dikarenakan fungsi waduk yang kurang maksimal, maka kawasan waduk ini dijadikan sebagai potensi budidaya ikan air tawar dan sebagai potensi objek wisata. Waduk ini terkenal sebagai objek wisata yang menawarkan pemandangan luas dan indah dengan pulau-pulau kecil di tengah waduk. Banyak kalangan masyarakat yang mengujungi kawasan waduk untuk bersantai-santai atau menjelajah waduk dengan perahu. Juga terdapat beberapa aktivitas olahraga yang bersifat rekreatif seperti jetski yang digemari oleh masyarakat muda.

Waduk Cengklik merupakan objek wisata yang memberikan suasana alam dan sejuk kepada pengunjung. Pinggiran waduk tersebut menjadi tempat kecil yang sangat berperan bagi pengunjung karena dapat menikmati kesejukan suasana yang ditawarkan waduk. Pengunjung juga dapat menikmati pemandangan air waduk, pulau kecil dan kehijauan yang ada di sekitar waduk. Pengunjung juga sering menghabiskan waktu di sekitar waduk pada saat matahari terbenam untuk melihat keindahan panorama langit yang berubah warna drastis di sekitar air waduk dan kehijauan. Keindahan waduk tersebut juga dilengkapi oleh Gunung Merbabu dan Gunung Merapi sebagai latar belakang.

Selain menjadi salah satu objek wisata alam yang indah, Waduk Cengklik juga memiliki peran yang sangat vital dalam budidaya ikan air tawar dan memenuhi kebutuhan air untuk sawah dan desa sekitar. Pada musim hujan, air waduk melimpah banyak sehingga dapat memenuhi perannya sebagai sumber air sekitar. Namun, pada saat musim kemarau, air waduk dengan cepat menyusut sehingga kurang dapat berperan untuk memenuhi kebutuhan air sekitarnya.

Baca juga : Galabo Solo, Tempat Kuliner All-In-One dengan Hiburan Maksimal dan Biaya Terjangkau

No Tag have Found!
Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^