Menu
×

Warung Gudeg Tradisional Gudeg Mercon Bu Tinah

Seorang penggemar sejati gudeg otentik Yogyakarta pasti pernah mendengar nama Gudeg Mercon Bu Tinah. Gudeg sudah menjadi identitas yang melekat pada Kota Yogyakarta sendiri yang sudah dikenal oleh masyarakat dari luar Yogyakarta dan wisatawan dari berbagai daerah. Popularitas gudeg tersebut kemudian mendorong banyak pembuat gudeg untuk melakukan inovasi dengan gudeg buatan mereka. Salah satunya adalah gudeg dengan rasa pedas buatan Bu Tinah.

Gudeg buatan Bu Tinah tersebut memiliki perbedaan mencolok dengan gudeg Yogyakarta pada umumnya yang bercita rasa manis. Apabila Anda penggemar pedas dan ingin mencicipi gudeg dengan cita rasa yang berbeda dengan gudeg yang biasanya Anda cicipi, Anda harus meluangkan waktu untuk bertandang ke warung gudeng Bu Tinah.

Gudeg Mercon Bu Tinah

Sumber Gambar : Akun Instagram :anantohadi

Konsep yang digunakan dalam warung Gudeg Mercon Bu Tinah adalah warung makan sederhana di mana pengunjung hanya disediakan tikar sebagai alas duduk ketika menunggu pesanan dan menyantap pesanan Anda. Selain itu, jangan harap Anda akan mendapatkan kemewahan budaya tradisional dalam interior desain warung makan ini karena warung makan ini hanya memberikan kenyamanan sederhana rumah di pedesaan zaman dahulu. Selain ditemani oleh tikar bambu yang mengalasi lantai agar Anda dapat duduk, warung makan ini hanya memiliki lampu minyak atau petromak yang akan menemani santap malam Anda dengan sinar temaram ala rumah pedesaan.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Gudeg Mercon Bu Tinah menyediakan gudeg otentik Yogyakarta dengan sambal yang sangat pedas. Di warung makan ini, Anda dapat melihat langsung proses pembuatan dan penyajian gudeg mercon ini secara langsung. Apabila Anda sempat mengintip ke dandang tempat memasak gudeg, Anda akan mengetahui bahwa Bu Tinah menggunakan banyak cabai rawit yang membuat gudeg tersebut memiliki cita rasa sangat pedas. Bagi Anda yang menyukai kuliner pedas, Anda akan ketagihan lewat sekali cicipan sambal gudeg ini. Selain sambal yang digunakan, bahan-bahan gudeg lainnya, seperti nangka muda, krecek, dan telur juga terasa sangat nikmat dengan bumbu khas gudeg ala Yogyakarta.

Lokasi Gudeg Mercon Bu Tinah menurut Google Map:

Walaupun gudeg buatan Bu Tinah ini telah dikenal oleh banyak orang, baik masyarakat Yogyakarta maupun wisatawan dari berbagai daerah, makanan yang tersedia di warung Gudeg Mercon Bu Tinah masih dipatok dengan harga yang terjangkau. Tentu, untuk ukuran gudeg yang sudah terkenal, hal ini cukup menarik. Ketika tulisan ini diterbitkan, satu porsi gudeg mercon hanya dipatok dengan harga 16 ribu Rupiah. Harga yang cukup terjangkau untuk ukuran makanan yang sudah terkenal, bukan? Untuk lauk-pauk lainnya dan minuman untuk mendampingi santap malam Anda, Anda hanya harus membayar kurang dari 10 ribu Rupiah agar dapat menikmati gudeg mercon buatan Bu Tinah yang berlokasi di sekitar Pasar Kranggan di dekat Tugu Yogyakarta yang tersohor.

Silahkan kunjungi kuliner Yogyakarta yang satu ini:
Mangut Lele Mbah Marto, Cita Rasa Dalam Kesederhanaan
Bakmi Jawa Mbah Gito yang Sangat “Jawa”

Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^