Menu
×

Mistisnya Pantai Parangkusumo Yang Harus Anda Singgahi

Pantai Parangkusumo Selain Pantai Goa Cemara, di Kawasan Bantul juga terdapat Pantai yang memiliki cerita mistis, dan hingga kini masih masih dipercayai sebagai mitos. Pantai yang memiliki keindahan ini, juga disebut sebagai Pantai Cinta. Pantai tersebut adalah Pantai Parangkusumo.

Pantai Parangkusumo merupakan pantai yang masih dalam kawasan pantai Bantul, masih segaris dengan Pantai Parangtritis. Berbeda dengan pantai yang ada di Kabupaten Bantul, pantai ini terkenal dengan kemistikannya. Pantai ini berajarak sekitar 30 km dari pusat Kota Yogyakarta. Pantai Parangkusumo berdampingan dengan Pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Pantai ini memiliki ombak yang besar, karena letaknya yang berdekatan dengan Samudra Hindia.

Kenapa Pantai Parangkusumo dikenal sebagai Pantai Mistis ? Suasana sakra; dan mistis semakin terasa ketika anda melihat taburan bunga setaman dan serangkaian sesajen di Batu Cinta yang tereltak di dalam Puri Cepuri. Tempat dimana Panembahan Senopati dan Kanjeng Ratu Kidul bertemu untuk melakukan perjanjian. Kala itu Senopati duduk di batu besar di sebelah utara, sementara Ratu Kidul menghampiri dan duduk yang lebih kecil di batu sebelah selatan.

Lantas apa yang mereka lakukan ? Perjanjian apa yang dimaksud ? Pertemuan Panembahan Senopati dan Kanjeng Ratu Kidul bukan tanpa alasan. Semula Panembahan Senopati melakukan tapa ngeli untuk menyempurnakan kesaktiannya. Sampai disaat tertentu pertapaan, tiba-tiba pantai mengalami badai, pohon-pohon tercabut dari akarnya, air laut mendidih, dan ikan-ikan terlempar ke daratan.

Kejadian itu membuat Ratu Kidul menampakkan diri ke daratan, beliau menemui Senopati. Senopati mengungkapkan keinginannya untuk memerintah mataram kala itu, dan memohon pertolongan kepada Ratu Kidul. Karena sejak awal pertemuan, Ratu Kidul sudah jatuh cinta dengan Senopati. Akhirnya permintaan tersebut dipenuhi, dengan syarat Senopati beserta seluruh keturunannya harus menjadi suami dari Ratu Kidul. Senopati pun menyetujui, dengan syarat perkawinan itu, tetapi tidak menghasilkan anak.

Karena cerita legeda tersebut, hingga sekarang Pantai Parangkusumo memiliki mitos. Karena keberhasilan Panembahan Senopati dalam bersemedi di Pantai Parangkusumo, menginspirasi masyarakat umum. Mereka percaya bahwa kalau mau tirakat di pantai ini, maka semua keinginan akan terwujud. Oleh karena itu pada saat-saat tertentu di Batu Cinta (tempat Senopati bertapa dulu), banyak orang yang berdatangan untuk memanjatkan doa memohon permintaan dengan berbagai macam cara.

Untuk bisa sampai ke Pantai Parangkusumo, anda bisa menggunakan kendaraan roda empat dari Yogyakarta atau Bantul. Atau anda bisa berjalan kaki dari Terminal Parangtritis, karena pantai ini berada tidak jauh dari Pantai Parangtritis.

Tiket masuk yang berlaku di Pantai Parangkusumo merupakan retribusi di gerbang depan. Tiket ini sudah termasuk tiket masuk Pantai Parangtritis, karena memang pantai ini masih dalam satu kawasan. Untuk anda pengendara roda empat sebesar Rp 10.000 beserta tiket parkirnya, untuk roda dua sebesar Rp 3.000 beserta tiket parkir juga. Untuk tiket masuk perorangan, anda dikenai tarif sebesar Rp 3.000 per orang.

Hanya pada waktu-waktu tertentusaja, wisatawan bisa dapat melihat proses Upacara Labuhan. Selain itu anda bisa berkeliling pantai dengan mengendarai kereta kuda, dari barat ke timur. Anda juga melewati Batu Cinta dan dapat menikmati pemandangan alam berupa hempasan ombak yang besar dan desau angin yang semilir. Untuk ongkos sewa kereta kuda beserta kusirnya, anda akan dikenai tarif sebesar Rp 20.000 untuk sekali keliling.

Hingga kini banyak orang yang datang ke Pantai Parangkusumo untuk melakukan ziarah, bahkan tak jarang dari mereka sampai malam tiba. Peziarah datang untuk memanjatkan doa, karena dipercaya bisa terwujud. Nah buat anda yang ingin merasakan pengalaman sakral, berkunjung ke Pantai Parangkusumo merupakan pilihan yang cocok. Selamat berlibur menikmati Pantai Parangkusumo, semoga liburannta lancar dan mengesankan yang pasti.

No Tag have Found!
Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^