Menu
×

Mengenal Lebih Dekat Keindahan Candi Sewu

Tidak hanya kota Yogyakarta yang dikenal menyimpan berbagai peninggalan sejarah yang mengagumkan. Di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah pun banyak ditemukan peninggalan budaya yang amat indah. Salah satu contoh peninggalan sejarah di Kabupaten Klaten adalah sebuah candi yang dinamakan Candi Sewu atau Manjusrighra. Candi cantik ini adalah komplek candi terbesar kedua setelah candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Candi ini memiliki 249 anak candi  didalamnya. Candi yang diketahui dibangun pada abad ke-8 masehi pada masa-masa terakhir pemerintahan Rakai Panangkaran(746-784).

Bisa dikatakan bahwa Candi Sewu adalah candi yang cukup megah. Tiap pintu masuk dikawal oleh sepasang arca Dwarapala yang digambarkan sebagai raksasa penjaga dengan tinggi 2,3 meter. Candi utama menyerupai salib atau silang berdiameter 29 meter dan memiliki tinggi bangunan mencapai 30 meter. Masing-masing bangunan didalam candi utama memiliki ruangan tersendiri dan diberi tangga serta dan dimahkotai oleh susunan-susunan stupa yang indah. Candi utama dikelilingi oleh candi-candi kecil dan 240 candi perwara. Objek wisata ini untuk pertama kalinya diteliti oleh HC Cornelius pada tahun 1807 dan dilanjutkan dengan penelitian arkeologi oleh NJ Korm pada tahun 1923. Pernah terjadi pemugaran besar-besaran pada candi yaitu pada bulan April 1983 sampai tahun 1993 dengan dana sebesar 3 milyar rupiah.

Candi Sewu

Sumber gambar: Akun IG @thefarsid3

Sebagai salah satu objek wisata, Candi Sewu banyak dikunjungi oleh para wisatawan dan pelancong dari Negara lain. Kemegahan yang hadir diantara candi-candi ini pasti membuat Anda berdecak kagum dan tidak menyesali pilihan Anda berlibur ke Klaten. Candi megah ini sangat cocok bagi Anda yang masih bingung menentukan destinasi wisata yang akan dikunjungi. Selain bangunannya yang indah, lokasi candi berdekatan dengan candi Prambanan dan candi Plaosan. Jadi, jika Anda sudah berada di lokasi, Anda bisa langsung mengadakan perjalanan ke candi Plaosan yang terletak 1 kilometer setelahnya atau candi Prambanan yang berada tepat di bagian selatan candi ini.

Objek wisata ini tidak memiliki patokan harga untuk setiap pengunjungnya. Anda bisa membayar berapapun dan seikhlasnya saja. Dibuka mulai pukul 09.00 pagi sampai 17.00 sore WIB. Candi dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas seperti kamar mandi, tempat parkir, mushola, dan tempat makan yang menyajikan berbagai macam masakan yang berada pas didepan kompleks candi.

Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga, teman, dan pasangan, candi ini bisa menjadi pilihan Anda. Selain letaknya yang berdekatan dengan candi-candi besar lainnya, Candi Sewu menyajikan pemandangan alam yang luar biasa indahnya, seperti pepohonan, dan sungai yang terletak disebelah barat candi. Jadi, tunggu apa lagi? Kemas barang-barang Anda dan jelajahi indahnya alam sambil menikmati bukti sejarah mengagumkan yang di bangun di tanah kita Indonesia.

Baca Juga : Menikmati Keindahan Alam di Kebun Teh Nglinggo

Tags:  
Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^