Menu
×

Kenangan Manis Hutan Mangrove di Kulon Progo

Penanaman mangrove berfungsi untuk mencegah erosi yaitu pengikisan permukaan tanah karena aliran air. Berbeda dengan hutan-hutan mangrove yang lain, di Hutan Mangrove Kulon Progo juga dapat berfungsi untuk tempat wisata alam. Keindahan dan keunikan hutan mangrove tersebut menjadi daya tarik tersendiri. Tempat tersebut juga terkenal akan kenangan romantis bersama pasangan. Simak ulasan tentang serba-serbi Hutan Mangrove di Kulon Progo.

Hutan Mangrove di Kulon Progo berada di Jangkaran, Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya sendiri berada di Pasir Mendit Kecamatan Temon, Kulon Progo. Letaknya berada di sebelah barat Sungai Bogowonto. Wisata alam yang memberi sejuta manfaat bagi kehidupan ini tergolong murah meriah karena pengunjung hanya diharuskan membayar tiket masuk Rp 4.000,00 dan apabila menggunakan kendaraan roda dua membayar biaya parkir Rp 2.000,00. Fasilitas di hutan tersebut masih kurang sehingga saat siang hari Anda akan merasakan panas yang menyengat sehingga Anda perlu membawa kebutuhan sendiri. Sebaiknya Anda mengunjungi ketika pagi atau sore hari agar tidak terlalu kepanasan.

Hutan mangrove di Kulon Progo

Sumber foto: Akun Instagram @pantai_pasirkadilangu

Wisata alam ini menawarkan keindahan-keindahan yang unik nan romantis yaitu terdapat kata-kata yang dapat membuat pengunjung menjadi galau hingga mendapatkan kebahagiaan tersendiri ketika mengunjunginya. Meskipun wisata ini terkenal akan keromantisannya, Anda yang belum mempunyai pasangan tidak perlu khawatir untuk mengunjungi hutan mangrove tersebut. Anda bisa membuat kenangan-kenangan manis bersama teman dengan berfoto-foto karena banyak angel yang menarik dan patut untuk dicoba. Selain itu, wisata ini juga terkenal edukatif karena pengunjung dapat mengambil pelajaran bahwa dengan melestarikan hutan mangrove akan mendapatkan hal-hal yang luar biasa termasuk bisa untuk wisata.

Hutan Mangrove Kulonprogo di Peta Google:


Rute perjalanan menuju Hutan Mangrove di Kulon Progo apabila dari arah Wates yaitu dengan mengikuti jalan Wates hingga tiba di Patung Nyi Ageng Serang, lalu ambil arah ke Purworejo hingga melewati Terminal Wates. Dari terminal Wates  masih 10 km, apabila sudah nampak pertigaan yang berbentuk huruf Y maka ambil arah ke kiri sehingga menemukan Jembatan Congot. Setelah itu, masih ke arah barat sekitar 100 meter sebelah kiri jalan terdapat papan nama Dusun Pasir Mendit, Anda sudah bisa masuk dan dapat mengikuti petunjuk jalan menuju ke lokasi hutan mangrove.

Hutan Mangrove di Kulon Progo ini menggunakan jembatan yang terbuat dari bambu yang memanjang di tepi dan bisa masuk di hutan mangrovenya. Sebaiknya jika Anda menngunakan sandal atau sepatu yang nyaman untuk dapat melewati jembatan tersebut dan jangan meninggalkan sampah ataupun jejak yang dapat merusak keindahan wisata tersebut termasuk corat-coret sembarangan. Wisata ini akan tetap asri apabila Anda juga melestarikan dan menjaganya dengan benar. Pastikan Anda meninggalkan kenangan manis di objek wisata Hutan Mangrove Kulon Progo.

Baca Sebelumnya:  Menaklukkan Tantangan Rafting Kali Elo

Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^