Menu
×

Jangan Lupakan Sejarah, Berkunjunglah ke Monumen Jogja Kembali!

Monumen Jogja Kembali adalah salah satu monumen bersejarah yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini kerap disingkat Monjali. Tempat ini terletak di Jalan Ring Road Utara tepatnya di daerah Jongkang. Dibangunnya Monjali adalah sebagai perwujudan simbol perjuangan rakyat ketika terjadinya serangan secara besar-besaran yang dilakukan di tanggal 1 Maret 1949. Dibangunnya monumen ini bertujuan sebagai apresiasi agar jasa para pahlawan selalu dikenang oleh masyarakat. Monjali mulai dibangun di tahun 1985 dan selesai di tahun 1989 yang mana Pak Soeharto sendiri yang meresmikan bangunan itu. Nama Monjali ini tak hanya sekedar nama belaka, namun didirikannya monumen ini menjelaskan bahwa rakyat berhasil merebut kembali pusat pemerintah yang saat itu berada di Yogya.

Monumen Jogja Kembali adalah obyek wisata yang menarik. Luas areanya cukup luas yaitu sekitar 3 hektar. Di area yang seluas itu, ada banyak hal menarik yang bisa disaksikan. Ada replika pesawat, senjata mesin lengkap, kursi tandu milik Jendral Sudirman, bahkan seragam miliki para Tentara Pelajar. Bahkan, di monumen ini terdapat ruang yang cukup besar yang bisa digunakan untuk seminar maupun pesta. Kurang sekitar 100 benda yang khas mengenai serangan umum disimpan dan dirawat dengan baik. Di sini juga termuat barang-barang yang jadi saksi sejarah sebelum kemerdekaan RI tahun 1945. Di bagian paling atas dari Monjali, terdapat ruang Garbha Graha. Bisa dikatakan ini merupakan ruang renungan karena di ruang ini Anda merenungi serta mendoakan jasa para pahlawan. Selain itu di ruang ini juga terdapat tiang bendera dengan sang merah putih di puncaknya.

Baca Sebelumnya : Candi Morangan: Candi Hindu di Lereng Gunung Merapi

Berwisata ke Monumen Jogja Kembali bagus bagi Anda agar lebih mengetahui serta menghargai jasa para pahlawan. Di tempat ini, hal unik yang ditemui tak hanya tentang peristiwa Serangan Umum 1 Maret saja. Namun, peristiwa penting seperti Perjanjian Roem Royen dan kemerdekaan RI tahun 1945. Keingintahuan Anda mengenai masa lalu negara Indonesia sebelum masa kemerdekaan akan terjawab dengan detail. Di luar Monjali, terdapat kolam buatan dengan aneka ikan yang berwarna-warni. Adanya kolam ikan menambah keindahan obyek wisata ini.

Lelah berkunjung di monumen akan terobati ketika melihat kesegaran ikan-ikan. Obyek wisata ini sering dikunjungi keluarga maupun siswa sekolah. Datang berkunjung ke monument ini akan memberikan pemahaman dan pandangan luas mengenai sejarah bangsa yang tak boleh dilupakan.

Retribusi masuk ke Monumen Jogja Kembali hanya Rp 10.000. Jika datang secara rombongan dengan jumlah minimal yang ditentukan, Anda akan mendapatkan  potongan diskon. Obyek wisata edukasi ini dibuka setiap hari Selasa hingga Minggu. Fasilitas yang dimiliki cukup lengkap yaitu terdapat mushola, parkiran, dan tempat makan dan taman pelangi. Apakah Anda tertarik untuk datang berkunjung?

Lokasi Monumen Jogja Kembali di Google Map :

Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^
1
×
Halo, dengan RentalMobilJogja.ID. Ada yang mau ditanyakan?