Menu
×

Indahnya Warisan Budaya di Museum Batik Danar Hadi Solo

Batik diketahui merupakan salah satu produk dari budaya yang bernilai seni tinggi. Indonesia memiliki beberapa wilayah yang memproduksi Batik sebagai produk budaya, salah satunya adalah Kota Budaya, Solo. Jika Anda adalah penggemar batik, maka, yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke Solo, adalah mengunjungi Museum Batik Danar Hadi Solo. Museum yang terletak di Jalan Brigjen Slamet Riyadi, Nomor 261, Solo-Surakarta  Jawa Tengah ini merupakan museum yang akan memperkenalkan Anda pada keindahan batik-batik Indonesia.

Sebelum mengunjungi Museum Batik Danar Hadi Solo tersebut, ada baiknya Anda mengetahui sedikit tentang sejarah dari museum ini. Museum yang akrab dengan nama House of Danar Hadi (HDH) ini didirikan pada tahun 2008 oleh sebuah perusahaan produsen batik terkemuka di Kota Solo yakni PT. Batik Danar Hadi. Ketika Anda sampai dilokasi ini, mungkin hal utama yang dapat menarik perhatian Anda adalah bentuk bangunan yang begitu klasik dan eksotis.

Perlu Anda ketahui, bangunan yang saat ini digunakan sebagai lokasi museum merupakan cagar budaya. Bangunan utama dalam komplek letak HDH ini memiliki nama Ndalem Wuryaningratan. Pada sejarahnya, bangunan tersebut pada awalnya merupakan kediaman pangeran, yakni cucu dari Raja Kasunanan Surakarta Sri Susuhunan Pakubuwono ke IX. Nah, tentunya, apabila Anda tertarik untuk mengunjungi museum ini, Anda tak hanya dapat menikmati koleksi-koleksi batik yang ada melainkan juga menikmati indahnya bangunan kuno nan eksotis yang bisa menjadi tempat untuk mengambil gambar yang indah sebagai kenang-kenangan perjalanan Anda.

Apakah Anda terkesan? Tunggu dulu, masih ada banyak hal-hal yang mengesankan yang bisa Anda dapatkan saat memasuki ruangan museum. Sama seperti namanya, museum ini memiliki koleksi batik sebanyak kurang lebih sepuluh ribu lembar kain. Meskipun museum ini terletak di Kota Solo, akan tetapi bukan berarti Anda tak dapat menemukan koleksi batik yang berasal dari kota lain juga.

Museum Batik Danar Hadi Solo

Sumber gambar: Instagram @marinako

Dalam museum ini, terdapat kurang lebih sepuluh ribu lembar kain batik dengan berbagai corak dan motif yang unik, cantik dan menarik. Kain-kain batik yang dipamerkan di Museum Batik Danar Hadi Solo ini bukan hanya kain yang berasal dari Solo saja melainkan juga dari beberapa daerah seperti Banyumas, Pekalongan, Cirebon bahkan batik-batik mancanegara seperti Cina dan Belanda.

Sedikit membahas mengenai Batik Solo, ada beberapa motif batik yang cukup terkenal yakni parang, barong, kawung dan sawat. Masing-masing motif batik tersebut pada awalnya diciptakan dengan menyesuaikan kebutuhan busana untuk keluarga kerajaan. Tentunya, pada zaman dahulu, rakyat tidak diizinkan untuk menggunakan motif-motif batik tersebut. Setiap motif-motif batik yang ada juga memiliki cerita tersendiri. Apakah Anda penasaran? Jika iya, sebaiknya segera pesan tiket dan kunjungi Museum Batik Danar Hadi Solo sekarang juga.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Keindahan Candi Sewu

Lokasi Museum Batik Danar Hadi Solo di Google Map :

Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja | Sewa Mobil Harian Lepas Kunci. All rights reserved.

^