Menu
×

Mengenal Budaya Tembi di Museum Tembi

Museum yang satu ini sangatlah unik, karena berbeda dengan museum yang lainnya. Sesuai dengan julukannya, yaitu Museum Tembi. Museum ini memang dikhususkan untuk memperkenalkan kebudayaan Tembi kepada masyarakat luas. Pada jaman dulu, Tembi adalah nama sebuah desa yang juga termasuk sebagai tempat tinggal Abdi Dalem Katemben yang berperan sebagai ibu susu anak-anak raja dan kerabat kerajaan. Konon katanya, siapa saja yang datang untuk berkunjung ke desa ini akan mendapatkan kemuliaan seperti raja.

Museum-Tembi

Sumber foto: akun IG @rona_kyve

Di Desa Tembi ini terdapat bangunan rumah yang berada di Jalan Parangtritis, Km 8.4 Bantul, DI Yogyakarta. Untuk saat ini, bangunan rumah tersebut difungsikan sebagai Museum Rumah Budaya Tembi (Tembi House of Culture). Museum ini mempunyai koleksi yang begitu variatif, mulai dari peralatan dapur tradisional, aneka senjata, peralatan bertani tradisional, peralatan seni, batik, poster kuno, motor kuno dan foto-foto pada masa lampau. Selain itu, di dalam museum ini juga terdapat perpustakaan yang memiliki sekitar 5.000 naskah.

Saat melakukan perjalanan berkeliling di museum, para wisatawan akan ditemani oleh guide yang siap menjelaskan semua yang ada di dalam museum ini. Guide tersebut juga dengan senang hati akan menunjukkan tempat-tempat menyenangkan yang ada di museum ini. pelayanannya juga sangat ramah dan sopan, sehingga wisatawan tidak akan merasa kecewa saat memutuskan untuk berkeliling dan melihat-liat di museum ini.

Sebulan sekali di Museum Tembi ini selalu diadakan kegiatan rutin yang menghadirkan pertunjukan aneka tarian tradisional dari seluruh daerah di Indonesia. Tak hanya itu saja, di museum ini juga diadakan pertunjukan wayang yang. Dengan begitu, para pengunjung ke museum ini bisa mendapatkan paket wisata yang lengkap karena selain dapat melihat koleksi yang ada di dalam museum ini, para wisatawan juga dapat menyaksikan pertunjukan. Ada hal menarik lainnya yang dapat dilakukan di museum ini, yaitu pengunjung dapat ikut membatik, bermain gamelan dan melakukan banyak kegiatan lainnya.

Jam Buka Museum

Yang namanya Museum tentu tidak akan dibuka selama 24 jam non-stop. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui jam buka museum rumah budaya ini. Para wisatawan dapat mengunjungi museum ini dari hari Senin s/d Jum’at, mulai jam 9 pagi sampai jam 4 sore dengan gratis, karena untuk masuk ke sini para wisatawan tidak dipungut biaya apapun.

Akses Jalan Ke Museum

Akses perjalanan menuju ke Museum Tembi, bisa ditempuh dengan menggunakan angkutan umum ataupun kendaraan pribadi. Bagi yang ingin pergi menggunakan angkutan umum, maka harus naik angkutan ke Parangtritis untuk turun di km 8,4. Kemudian, perjalanan bisa diteruskan ke arah selatan menuju depan SD Timbulharjo. Setelah itu, hanya tinggal meneruskan perjalanan ke arah timur kurang lebih sekitar 500 m.

Tags:  
Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^
1
×
Halo, dengan RentalMobilJogja.ID. Ada yang mau ditanyakan?