Menu
×

Wisata Sejarah dan Rekreasi Air di Pemandian Lumban Tirto

Memiliki lokasi yang dekat dengan Keraton Surkarta, ada sangat banyak stus-situs kuno di Klaten yang menjadi saksi berkembangnya peradaban dan pemerintahan di Pulau Jawa oleh Keraton Surakarta. Salah satu lokasi sejarah yang ada di Klaten dan berkaitan dengan Keraton Surakarta adalah Pemandian Lumban Tirto. Sesuai dengan namanya, lokasi ini merupakan tempat sebuah pemandian berbentuk kolam yang bisa dijadikan sebagai kolam renang. Pemandian ini tepatnya terletak di Desa Daleman, Kecamatan Tulung. Untuk dapat sampai ke lokasi ini, Anda dapat menempuh jarak kurang lebih 17 kilometer dari pusat kota Klaten. Medan menuju lokasi ini cukup aman untuk ditempuh baik kendaraan roda empat ataupun roda dua.

Jika Anda adalah orang yang menyukai olahraga renang atau sekedar berendam di air, lokasi ini bisa menjadi tujuan wisata Anda yang wajib Anda kunjungi dan tak boleh terlewatkan. Apabila biasanya Anda berenang di kolam renang modern, maka air yang ada disana sudah tidak memiliki kesegaran alami yang mana telah dicampur berbagai macam bahan kimia untuk menjernihkan air. Nah, pernahkah Anda membayangkan berendam dan berenang dalam sejuk dan jernihnya air alami? Tentu menyenangkan ya. Apabila Anda ingin melakukan hal tersebut, pemandian Lumban Tirtoini merupakan tempat yang tepat untuk Anda kunjungi. Tidak hanya dapat berenang di air yang masih sejuk, segar dan alami.

Pemandian Lumban Tirto

Sumber foto: akun IG @safira.moey

Di lokasi ini Anda juga dapat menikmati cantiknya bangunan kuno serta bentuk kolam kuno yang memukau. Tak hanya bangunan, disekitar lokasi, pemandangan alam pedesaan dan pohon-pohon rindang juga mampu menyegarkan mata Anda selama berada di lokasi ini. Sebagai pemandian, kolam yang terdapat di pemandian ini tidaklah terlalu dalam. Hanya sekitar 1.5 meter saja. Kolam ini memiliki ukuran 25 meter x 8 meter dengan luas kawasan pemandian sekitar 700 meter persegi.

Jika Anda bertanya-tanya dari manakah sumber air segar yang berada dalam kolam tersebut, sumber air kolam ini berasal dari umbul Ingas yang terletak di barat laut pemandian. Tidak hanya menjadi sumber air pemandian Lumban Tirto, Umbul Ingas juga menjadi sumber air minum yang digunakan di istana Kraton Surakarta Hadiningrat sejak pemerintahan Paku Buwono ke sepuluh hingga sekarang.

Nah, bagi Anda yang ingin berkunjung, memilih waktu antara pukul sembilan pagi hingga jam satu siang merupakan timingyang tepat. Pemandian ini dibuka mulai pukul 09.30 pagi hingga pukul 16.30. Jadi, jangan sampai Anda terlambat dan hanya bisa menikmati segarnya air pemandian Lumban Tirtodalam waktu singkat saja. Karena air dalam kolam ini tak dicampur bahan kimia, sebaiknya, Anda selalu menjaga kebersihan diri sebelum berendam atau berenang disini. Hal ini tentunya untuk menjaga kealamian agar pemandian ini dapat terus dinikmati oleh masyarakat sepanjang zaman.

 

Baca juga :  Wisata Sejarah di Benteng Vastenburg

Tags:  
Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^