Menu
×

33 Pantai Indah di Jogja

Berkunjung ke Jogja seperti tidak pernah ada habisnya. Di bagian selatan Jogja, Anda akan menjumpai deretan pantai indah. Ada lebih dari 33 pantai di Jogja yang layak untuk dikunjungi, menyebar dari Wonosari, Bantul, sampai Kulon Progo. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Baron Baron merupakan salah satu pantai populer di Gunung Kidul, Jogja. Pantai ini berupa sebuah teluk yang dikelilingi bukit-bukit karst. Di teluk ini terdapat pertemuan antara air laut dan air tawar yang berasal dari sungai bawah tanah.
  2. Krakal Pantai Krakal memiliki daya tarik pasir putih dan karang-karangnya yang eksotis.
  3. Kukup Pantainya landai berpasir putih dan terdapat jalan setapak yang membelah bukit sampai Baron, serta sebuah pulau karang yang dihubungkan dengan jembatan. Kukup ini kaya akan biota laut dan keanekaragaman ikan hias air laut.
  4. Sundak Nama Sundak konon berasal dari Perkelahian Asu dan Landak.
  5. Somadeng Somandeng terkesan teduh karena sepanjang pantai ini ada pohon Cemara serta Gazebo yang berjajar dari satu ujung ke ujung yang lain.
  6. Pantai Indrayanti/Pulang Syawal
  7. Pantai Sadranan
  8. Pantai Jogan
  9. Pok Tunggal
  10. Pantai Slili
  11. Pantai Ngandong
  12. Drini Berada di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul yang berjarak sekitar 40 km dari Yogyakarta.
  13. Ngobaran Terletak di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta tepatnya kurang lebih dua kilometer dari Pantai Ngrenehan. Kalau air di Pantai Ngobaran surut, anda bisa melihat hamparan alga (rumput laut) baik yang berwarna hijau maupun coklat. Puluhan jenis binatang laut juga terdapat di sela-sela karang, mulai dari landak laut, bintang laut, hingga golongan kerang-kerangan. Hal yang menarik lainnya adalah adanya tempat ibadah untuk empat agama atau kepercayaan berdiri berdekatan. Salah satunya adalah tempat ibadah semacam pura dengan patung-patung dewa berwarna putih.
  14. Pantai Ngrenehan Terletak di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Disini Anda dapat menyaksikan kegiatan nelayan dan menikmati ikan siap saji ataupun membawa ikan segar dari para nelayan sebagai oleh-oleh.
  15. Pantai Nguyahan Terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Panjang bibir pantai kurang lebih 100 meter yang diapit oleh dua buah bukit di kanan dan kirinya, seperti milik pribadi, karena tempatnya yang masih alami dan sepi.
  16. Sadeng Terletak di Girisubo, Gunungkidul, Yogyakarta. Melihat dari historinya, dulu Sadeng adalah muara dari Bengawan Solo Purba.
  17. Sepanjang Terletak di Desa Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta. Sepanjang memiliki garis pantai yang panjang, berpasir putih, dan ombak yang sedang. Anda tinggal memilih, ingin berjemur di atas pasir putih, berselancar, ataupun hanya melihat keindahannya.
  18. Siung terletak di Dusun Duwet, Desa Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul. Keunggulannya adalah banyaknya tebing karang yang  mengelilingi pantai tersebut. Adanya Pesona tebing karang inilah yang akhirnya dinobatkan sebagai kawasan wisata minat khusus panjat tebing, yang diidentifikasikan secara simbolik dengan rumah panggung bernama Pondok Pemanjat, tempat khusus bagi para pemanjat yang ingin menjajal kemampuannya di sini.
  19. Pantai Wediombo terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Giri Subo, Gunung Kidul. Wediombo berasal dari bahasa jawa yang berarti pasir yang luas (wedi : pasir dan ombo : luas).
  20. Pantai Jungwok
  21. Pantai Ngungap
  22. Pantai Timang
  23. Pantai Parangtritis terletak di kecamatan Kretek, Bantul, Yogyakarta. Parangtritis merupakan pantai yang landai, dengan bukit berbatu, pesisir dan berpasir putih serta pemandangan bukit kapur di sebelah utara pantai. Objek wisata ini sudah dikelola oleh pihak pemda Bantul dengan cukup baik, mulai dari fasilitas penginapan maupun pasar yang menjajakan souvenir khas Parangtritis.
  24. Parangkusumo
  25. Depok
  26. Samas
  27. Kuwaru
  28. Pandansimo
  29. Patehan/Pandansari
  30. Goa Cemara
  31. Trisik
  32. Glagah
  33. Congot

Akses menuju pantai-pantai di Jogja tersebut cukup mudah, sudah banyak petunjuk jalan yang dipasang oleh pemerintah maupun warga setempat. Kondisi jalannya pun halus. Namun belum ada alat transportasi umum menuju ke lokasi tersebut. Anda bisa menggunakan jasa persewaan mobil atau motor di Jogja.

No Tag have Found!
Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^