Menu
×

Wisata Air Terjun Kembang Soka, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Jogjakarta

Jogjakarta memang tersohor sebagai tempat wisata dan tidak henti-hentinya menawarkan sejuta keindahan yang nyata. Daerah-daerah di Jogjakarta selalu menjadi pusat perhatian dan sasaran para wisatawan. Selalu ada keistimewaan tersendiri, di setiap sudut kota Jogjakarta. Salah satu tempat wisata di Jogjakarta yang juga menjadi pusat perhatian adalah Air Terjun Kembang Soka, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Jogjakarta.

Air Terjun Kembang Soka, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Jogjakartamerupakan salah satu wisata air dari beberapa wisata air yang ada di Jogjakarta. Air terjun ini merupakan air terjun yang mata airnya berasal dari Sungai Mudal, tepatnya di sekitar perbukitan Menoreh. Dari beberapa wisata air yang ada di Kabupaten Kulon Progo, Air Terjun Kembang Soka merupakan wisata air yang tidak kalah populer dengan wisata air lainnya seperti KedungPedut. Tempatnya yang strategis dan satu rute dengan Air Terjun KedungPedut, membuat tempat ini juga ikut dilirik wisatawan.

Awalnya, Air Terjun Kembang Soka adalah air terjun biasa. Tetapi, warga masyarakat bekerja sama dengan pemerintah setempat untuk menjadikan kawasan ini sebagai kawasan wisata Air Terjun. Kemudian dilakukan pembenahan dan pembenaran di sekitar air terjun, sehingga menarik untuk dijadikan tempat wisata. Awalnya hanya 3 sampai 4 wisatawan yang datang untuk berkunjung setiap harinya. Tetapi lama kelamaan, jumlah wisatawan yang datang semakin meningkat. Akhirnya, berbagai fasilitas pun mulai dibangun seiring dengan perkembangan tempat wisata satu ini.

Air Terjun Kembang Soka

sumber foto: Akun Instagram @arummarino

Pengelolaan wisata Air Terjun Kembang Soka Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Jogjakarta  memang sudah sangat baik. Hal ini terlihat dari akses jalan yang mudah, papan penunjuk jalan yang memadai hingga konsep pembangunan serta aliran air terjun yang sangat bagus. Kelestarian alam di sekitar tempat ini juga sangat terjaga, sehingga benar-benar terasa nuansa alam nya. Beberapa kursi dari bambu dibuat menarik dan terletak pada titik yang tepat, sehingga memudahkan wisatawan untuk beristirahat jika lelah.  Sebuah jembatan panjang dari bambu juga dibuat sebagai jalan menuju air terjun agar para wisatawan bisa melihat air terjun dari jarak dekat.

Dari jembatan, terlihat sebuah kolam yang tidak begitu luas dan besar yang letaknya persis di bawah air terjun dihiasi dengan papan dari kayu. Kolam ini cocok digunakan untuk berenang.  Agaknya papan tersebut sengaja dipersiapkan untuk siapa saja yang ingin melompat lalu berenang. Tidak jauh dari kolam, berdiri sebuah pos pemantauan yang juga sebagai tempat persewaan pelampung dan ban untuk berenang. Bagi Anda yang belum pandai atau tidak bisa berenang, sangat dianjurkan untuk memakai pelampung karena keadaan kolam yang sangat dalam.

Selain sebagai tempat wisata, Air Terjun Kembang Soka Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Jogjakarta juga sering digunakan untuk acara outbond. Walaupun masih tergolong sepi wisatawan, jika dibandingkan dengan tempat wisata sebelahnya yaitu KedungPedut, tempat ini sangat cocok dan puas jika digunakan untuk bersantai sambil berenang.

Baca Sebelumnya :

Pesona Menakjubkan di Curug Indah Tegalrejo Gunungkidul
Mengagumi Keasrian Pantai Klumpit, Purwodadi, Tepus

Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^