Menu
×

Ekstrim dan Cantiknya Curug Pulosari di Yogyakarta

Yogyakarta ternyata mempunyai banyak curug atau air terjun yang memiliki kecantikan berbeda-beda. Salah satu curug yang memiliki kecantikan yang khas adalah Curug Pulosari. Ini bisa dikatakan khas karena letaknya yang sangat ekstrim. Tahukah Anda jika curug tersebut berada di dasar jurang? Ya, memang benar jika air terjun tersebut berada di bawah sebuah jurang.

Curog Pulosari beralamat di Desa Krebet, Sendangsari, Pajangan, Bantul. Apabila Anda dari arah kota Jogja maka selanjutnya Anda bisa menuju ke arah Jalan Bantul, nantinya di sana sudah ada papan petunjuk jalan untuk menuju ke Desa Krebet. Jaraknya dari pusat kota pun tidak begitu jauh karena hanya akan memakan waktu 1 jam saja. Selama perjalanan menuju ke desa tersebut pastinya akan membuat Anda merasa terkesan pasalnya jalannya yang berkelok-kelok dan juga dikelilingi oleh pohon jati yang sangat banyak.

Setibanya di sana Anda bisa memarkirkan kendaraan yang tempatnya sudah tersedia, namun di sini tidak diperkenankan menggunakan kendaraan besar seperti bus karena terlalu berbahaya. Untuk mengunjungi Curug Pulosari disarankan memakai kendaraan pribadi seperti motor atau mobil yang berukuran sedang. Selain medannya sulit, jalannya pun juga tidak terlalu lebar. Ketika sudah sampai di parkiran, Anda langsung menuju ke jalan setapak yang akan membuat perjalanan Anda tidak begitu melelahkan. Meskipun letaknya yang berada di bawah jurang, curug ini sangat mudah dan aman untuk dilalui bersama anak-anak karena rutenya sudah dibuat sedemikian rupa.

curug Pulosari

Sumber gambar : Akun IG @azizfadholi078

Anda pastinya akan merasa terkesan bisa berjalan menuruni jurang kemudian Anda akan memasuki hutan jati dan diajak untuk menyeberangi sungai. Namun Anda tidak perlu khawatir apabila tidak bisa berenang karena untuk menyeberangi sungai Anda hanya akan lewat melalui jembatan. Jembatannya pun dibuat sangat alami yaitu dari bambu. Setelah perjalanan yang melelahkan menuruni jurang maka akan terbayarkan dengan pemandangan air terjun yang sangat menawan. Walaupun air terjun ini tidak terlalu tinggi dan tingginya hanya sekitar 5 meter saja, curug ini sangat istimewa. Anda bisa melihat aliran air yang turun dari atas dan membentuk seperti tirai. Tirai air itu pula yang menjadi ciri khas dari curug yang ada di Desa Krebet tersebut.

Curug tersebut mempunyai kolam di bawahnya yang bisa digunakan untuk berenang. Tetapi Anda jangan kecewa apabila datang di saat musim kemarau. Debit air saat musim kemarau sangat sedikit dan waktu berkunjung yang paling tepat adalah ketika musim penghujan karena debit air sangat banyak. Pengunjung di sana pun juga banyak terutama para anak muda dan tiket masuk menuju tempat wisata ini sangat murah dan Curug Pulosari bisa Anda kunjungi saat libur akhir pekan nanti.

Simak juga :   Candi Pawon, Satu Lagi Peninggalan dari Dinasti Syailendra di Jawa tengah

Tags:  
Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^
1
×
Halo, dengan RentalMobilJogja.ID. Ada yang mau ditanyakan?