Menu
×

Keunikan Curug Sigembor Kulon Progo Yogyakarta

Sesuatu yang unik pasti disukai oleh banyak orang, sama halnya seperti objek wisata yang satu ini. Lokasinya strategis dekat dengan jalan raya, Curug Sigembor Kulon Progo Yogyakarta tepatnya terletak di Dusun Banyunganti Desa Jatimulyo Kecamatan Girimulyo Kulon Progo Yogyakarta. Meskipun berada dekat dengan jalan, curug yang berada di perbukitan Menoreh tersebut sering terlewati karena tidak terlihat, tertutup oleh rerimbunan pohon di sekelilingnya.

Wisatawan yang akan mendatangi air terjun ini aksesnya cukup mudah karena berada di tepi jalan, jalur penghubung antara GoaKiskendo dan Waduk Sermo. Dari arah Goa Kiskendo lokasi curug berada di bagian kanan jalan. Lebih mudah bagi Anda menggunakan kendaraan roda dua karena luas tempat parkir yang terbatas. Belum ada petugas yang menjaga area parkir ini, sehingga Anda disarankan untuk mengunci kendaraan sebelum meninggalkannya di tempat parkir. Daerah di sekitar curug ini masih aman dari kriminalitas sehingga Anda bisa tetap memarkirkan kendaraan Anda meski tanpa penjaga.

Curug Sigembor

Sumber gambar: Instagram @prayogi8

Air terjun ini merupakan air terjun musiman, itulah keunikan dari Curug Sigembor Kulon Progo Yogyakarta. Bagi Anda yang penasaran jangan mengunjunginya pada musim kemarau. Memasuki musim penghujanlahcurug ini bisa menjadi tujuan petualangan wisata alam Anda. Menghabiskan waktu liburan atau penyegaran diri dari rutinitas harian Anda. Curug ini juga cocok bagi Anda yang ingin wisata hemat bahkan curug ini bisa dikatakan sebagai tempat wisata yang murah meriah.

Keunikan dari air terjun ini juga terletak pada bentuk alirannya. Curug unik ini memiliki 3 bagian atau 3 tingkatan aliran airnya. Pengunjung yang ingin mencapai aliran yang paling tinggi harus berjalan mendaki menyusuri aliran curug itu sendiri. Disarankan untuk sangat berhati-hati karena akses menuju puncak hanya itu saja, tidak ada pilihan jalan lainnya, terlebih lagi tempat pijakan memiliki permukaan yang licin.

Curug Sigembor

Sumber gambar: Instagram @lorenzonugroho

Jarak air terjun dengan jalan raya hanya beberapa puluh meter. Bagian dari Curug Sigembor Kulon Progo Yogyakarta yang pertama memiliki tinggi kurang lebih 3 meter. Bagian pertama dari curug ini juga bertingkat, bagian bawahnya berbentuk seperti aliran sungai yang sedikit menurun. Tidak ada pengaman saat Anda melewati jalur ini hanya sedikit pohon berbatang besar dan lebih banyak tumbuhan tingkat rendahnya. Untungnya di bagian ini tidak terlalu licin sehingga Anda masih bisa memanjatnya.

Setelah melewati bagian air terjun yang pertama perjalanan dilanjutkan dengan melewati tebing yang menjadi aliran air. Tampak seperti air terjun mini, namun pada bagian ini aliran airnya menyebar menjadi dua. Aliran yang satu melewati tebing tanah yang lembek sedangkan yang satunya lagi berupa bebatuan sehingga Anda disarankan memilih bagian yang ini untuk menuju curug paling atas. Pilihlah bebatuan yang kuat sebagai pijakan kaki Anda.

Melewati 2 bagian air terjun berarti Anda berhasil sampai ke titik terbaik untuk melihat pesona curug unik satu ini. Puncak air terjun ini memiliki ketinggian antara 10-15 meter yang tebingnya ditumbuhi lumut hijau. Suasana sejuk dapat Anda nikmati disini. Itulah keunikan yang dimiliki Curug Sigembor Kulon Progo Yogyakarta, jika umumnya Anda harus berjalan menurun untuk sampai di kaki air terjun namun di sini wisatawan diajak memanjat bersama aliran air terjun itu sendiri.

Baca Juga:

Wisata Curug Indah Gedangsari Gunung Kidul Yogyakarta
Liburan di Pantai Muncar Purwodadi Tepus

Tags:  
Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^
1
×
Halo, dengan RentalMobilJogja.ID. Ada yang mau ditanyakan?