Menu
×

Mencicipi Udara Segar Deles Indah

Hari-hari Anda kurang bersemangat? Kurang piknik ya? Wisata alam sangat cocok untuk menghilangkan rasa penat akibat tugas-tugas yang menumpuk karena akan menyegarkan pikiran maupun hati ketika melihat pemandangan alam. Anda perlu mencoba menghirup udara segar khas Deles Indah. Wisata alam ini terletak di Kecamatan Kemalang, Klaten, Jawa Tengah yang merupakan bagian dari lereng gunung Merapi.

Ketinggian Deles Indah antara 800-1300 m diatas permukaan laut, oleh karena itu wisata alam ini akan menyuguhkan kesejukan pegunungan dan pemandangan yang amat luar biasa. Saat Anda berada di objek wisata, Anda akan melihat puncak Merapi, pemandangan kota Klaten yang dihiasi degan cerobong perusahaan-perusahaan.

Deles Indah Klaten

Sumber gambar : akun instagram @qorykazhari

Deles Indah ini merupakan tempat yang pernah dipakai untuk bertapa oleh Sunan Pakubuwana X pada sekitar tahun 1938. Terdapat Makam Kyai Mlayopati yaitu bangunan berupa makam yang di sekelilingnya terdapat pelataran sederhana untuk ziarah oleh penduduk sekitar. Sendang Kali Reno merupakan salah satu mata air yang mengalir di Delas, istimewanya memiliki warna air yang warna-warni.

Selain itu, di tempat ini Anda akan dapat menikmati taman Ngajaran, Pring Cendani, dan Gua Sapuangin. Taman Ngajaran adalah sebuah taman yang berada di bagian barat hutan Pohon Akasia dan sisi utara pesanggrahan Pakubuwana X serta terdapat pula bukit-bukit. Taman Pring Cendani merupakan hutan bambu yang tidak teratur akan tetapi terdapat jalan setapak menuju ke Puncak Merapi. Sedangkan Gua Sapuangin terletak di bawah bukit Pring Cendani yang mempunyai kedalaman kurang lebih 8 meter. Apabila Anda mengunjungi wisata ini saat pagi hari yang cerah maka Anda akan melihat biru langit dan awan putih yang saling melengkapi serta pepohonan hijau, lembah, dan puncak gunung.

Deles Indah Merapi

Sumber foto: akun IG: @arvita_n

Balai Penyelidikan dan Pengembangan teknologi Kebencanaan Geologi Yogyakarta (BPPTKG) Yogyakarta meletakkan CCTV Stasiun Pasar Bubar dan Deles untuk mengawasi aktivitas gunung Merapi yang masih aktif. Wisata alam yang ada unsur sejarahnya ini dapat Anda nikmati dengan hanya membayar Rp 2.000,00. Murah meriah, bukan? Wisata yang terjangkau itu sudah dapat menyegarkan kembali pikiran Anda. Selain itu juga dapat dijadikan momen kebersamaan bersama teman-teman maupun sahabat.

Saat Anda memperoleh keindahan dan kesenangan di Deles Indah jangan melupakan barang bawaan Anda temasuk sampah. Masalah klasik yang ada ditempat wisata adalah sampah para pengunjung yang tertinggal disembarang tempat. Oleh karena itu jangan meninggalkan sampah jika Anda ingin menikmati keindahan Deles seperti pertama kali mengunjunginya. Kerusakan-kerusakan yang terjadi dapat diakibatkan oleh pengunjungnya sendiri yang tidak tertib, alangkah indahnya jika Anda menyimpan sampah di kresek hitam dan membawanya kembali sampai rumah sehingga kawasan wisata tersebut akan tetap asri tanpa sampah yang berserakan. Semoga dengan berwisata ke tempat tersebut dapat menambah semangat Anda untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Selamat berwisata.

Tags:  
Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja | Sewa Mobil Harian Lepas Kunci. All rights reserved.

^