Menu
×

Embung Batara Sriten Destinasi Berlibur di Yogyakarta

Embung Batara Sriten menjadi salah satu destinasi berlibur bagi banyak orang dengan sensasi yang berbeda. Terletak di Wonosari Gunungkidul objek wisata ini menawarkan pemandangan pegunungan yang mengagumkan dan memanjakan setiap pasang mata yang memandangnya. Dengan suasana tenang dan hening, objek wisata di Yogyakarta ini sangat cocok untuk sejenak melepas lelah dan beban dari kesibukan yang dijalani.

Keistimewaan Embung Batara Sriten

Keistimewaan sudah terlihat dari pemandangan luar biasa yang di tawarkan Embung Batara Sriten. Keindahan alam yang memanjakan mata ini tidak terlepas dari lokasinya yang tinggi, pemandangan luar biasa dengan view 360 derajat ke perkampungan, area persawahan dan beberapa wilayah yang berada di bawahnya seperti Klaten, Rawa Jombor, Wonogiri, Gunungkidul, Waduk Gajah Mungkur, Sleman dan sebagainya.

Berada pada titik koordinat S74956 E1103754, objek wisata yang di Padukuhan Sriten, Desa Pilangrejo, Nglipar, Gunungkidul, Embung Batara Sriten disebut-sebut sebagai Embung tertinggi di Yogyakarta karena dibangun di Puncak Magir Nglipar Gunung Kidul ketinggiannya berada daalm kisaran 880 Mdpl. Gunungkidul dan Kulonprogo yang merupakan kawasan perbukitan ini dinilai cocok sebagai objek wisata yang menawarkan pesona alam yang mengagumkan, ditambah lagi dengan adanya beberapa embung yang menambah daya tariknya.

Dari puncak manggir ini para wisatawan dimungkinkan untuk dapat melihat daerah klaten dengan jarak pandang yang tidak terbatas. Perbukitan berkabut dipadukan dengan keindahan langit biru berawan yang menyejukan pandang mata, dengan spot pemandangan yang mengagumkan ini tidak mengherankan jika kawasan objek wisata di Yogyakarta ini sangat cocok untuk mendukung aktivitas fotografi. Keistimewaan lainnya terdapat pada panorama alam yang begitu elok terutama ketika tiba waktu fajar, karena pada waktu tersebut para wisatawan akan disuguhi pemandanagn golden sunrise dari arah barat.

Bukan hanya disuguhi oleh pemandangan alam yang mempesona, para wisatawan juga akan dimanjakan dengan kebun buah yang menjadi icon utama dari wisata alam ini. Di perkebunan Baturagung utara Anda akan menemukan buah-buahan seperti kelengkeng dan juga manggis. Perkebunan yang berada di puncak Tugu Magir ini mempunyai ketinggian sekitar 896 mdpl.

Fasilitas yang ditawarkan Embung Batara Sriten berupa toilet, warung, mushola, rumah Joglo khas Jogjakarta dan gazebo yang dibangun disekitar sisi depan embung. Gazebo merupakan tempat bersantai yang dapat digunakan untuk menikmati pemandangan dari alam sekitar yaitu pemandangan embung yang dilengkapi pemandangan menyejukan dari perbukitan hijau sebagai latar belakangnya.

Akses Menuju Embung Batara Sriten

Untuk sampai ke Embung Batara Srite, akses rute yang dapat digunakan adalah melewati Jalan Wonosari-Pertigaan Sambi 7 kasuk ke arah Nglipar-Pertigaan dengan tugu di tengah jalan masuk ke arah ngawen- Pertigaan Ngrempak masuk ke arah Desa Pilangrejo- balai Desa Pilangrejo masuk ke arah Embung Sriten.

Anda dapat menggunakan kendaraan beroda dua untuk dapat sampai ke objek wisata tersebut, namun sangat disarankan untuk selalu berhati-hati mengingat akses jalan yang cukup terjal dengan tikungan tajam yang membuat dag dig dug ketika menelusurinya. Selain itu pastikan juga kendaraan yang digunakan dalam kondisi yang prima untuk menghindari mogok ditengah perjalanan dan juga untuk menghindari kejadian yang tidak menyengkan lainnya yang dikarenakan rem blong mengingat belum banyak pagar pembatas pada beberapa lokasi.

Pengendara motor akan dihadapakan pada kondisi jalan yang sebagian besarnya masih ditemukan banyak kerusakan, rute berbatu dan juga berliku. Kondisi jalan yang belum beraspal ini semakin diperparah ketika hujan turun yang akan membuat jalann menjadi becek dan gembur.

Dengan keadaan jalan yang menuntut kehati-hatian yang ekstra dari penggunaanya maka tidak mengherankan jika waktu yang diperlukan untuk sampai ke objek wisata ini dinilai sebagai perjalanan yang sangat panjang dan melelahkan. Jika Anda berasal Jogja untuk menuju ke Embung Batara Sriten maka setidaknya diperlukan waktu sekitar dua jam untuk melakukan perjalanan tersebut. Jika ragu, Anda bisa menggunakan jasa rental mobil Jogja yang terpercaya untuk menuju ke destinasi wisata tersebut.

Perjalanan yang dipenuhi dengan berbagai tantangan, segera terbayarkan saat sampai di lokasi. Anda akan disuguhi oleh berbagai pemandangan yang mengagumkan. Suasana yang tenang ditambah lagi dengan keeksotisan serta keindahan langit biru yang mengagumkan dan sensasi seolah dapat menyentuh awan menjadi satu dari banyaknya alasan kenapa Embung Batara Sriten sangat banyak direkomendasikan untuk dikunjungi di Yogyakarta. Selamat berlibur.

No Tag have Found!
Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^