Menu
×

Goa Cerme, Destinasi Wisata Religi dan Alami di Yogyakarta

Saat musim liburan panjang tiba, hampir sebagian besar pekerja hingga anak sekolah berbondong-bondong menuju tempat wisata di Indonesia guna mencapai kepuasan serta merilekskan pikiran dari penatnya pekerjaan dan tugas sekolah. Ada banyak pilihan destinasi wisata yang bisa dipilih, terutama bagi Anda yang berkunjung ke Yogyakarta. Salah satu dari sekian banyak tempat wisata Yogyakarta adalah Goa Cerme. Apa sajakah yang bisa kita temukan di sana? Mari ikut kami untuk mengeksplornya lebih jauh.

goa-cerme

Berdasarkan ceritera dari masyarakat sekitar, Goa Cerme memiliki sejarah yang cukup panjang sebagai tempat Sembilan Wali atau Wali Songo serta pemuka agama Islam lainnya melakukan musyawarah serta mendapatkan inspirasi. Sebenarnya penataan serta pengelolaan Goa Cerme jika lebih diperhatikan lagi oleh pemerintah bisa menjadi aset utama serta destinasi wisata favorit untuk masyarakat. Tempat wisata ini berlokasi di Dusun Srunggo, tepatnya di Desa Giritirto, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Apabila berkendara dari kota Bantul, jaraknya sekitar kurang lebih 25 kilometer.

Lokasi wisata Goa Cerme berada tepat di bawah tanah bagaikan goa, dan bisa menaikkan adrenalin Anda ketika berada di sana. Suasana di dalamnya begitu gelap serta sunyi yang bisa membuat bergidik tetapi juga membikin penasaran dengan keadaan di dalam. Kata Cerme sendiri mengandung arti ceramah atau pembicaraan. Dulunya lokasi ini dipergunakan para wali Songo untuk mendapatkan inspirasi dan pembekalan materi penyebaran agama Islam terutama di Pulau Jawa. Salah satu topic bahan pembicaraan yang taka sing lagi di telinga kita adalah perencanaan pembangunan dari masjid Agung Demak waktu itu. Goa Cerme menjadi tempat wisata sejak 1980 hingga sekarang.

goa-cerme

Panjang Goa Cerme sekitar 1,5 kilometer dan bisa menembus 2 wilayah sekaligus. Pintu masuknya terdapat di Dusun Srunggo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta dan pintu keluarnya mencapai daerah Ploso di Gunung Kidul. Adapun kedalaman goa ini bermeter-meter ke bawah, maka dari itu telah disediakan anak tangga dengan panjangnya 750 meter serta berjumlah 760an anak tangga. Saat mencapai di dalamnya, Anda akan menemukan pemandangan indah stalagmit dan juga stalagtit yang alami terbentuk dari tetesan air goa, serta ada sungai yang mengalir di bawah tanah, flowstone, gourdam, canopy, gordin, dan masih banyak lagi lainnya.

Salah satu keunikan lainnya dari gua ini adalah keberadaan sarang kelelawar yang bermunculan di beberapa tempat. Anda juga harus berbasah-basah ria karena di dalam Goa Cerme ada genangan air yang ketinggiannya bisa mencapai 1 hingga 1,5 meter. Beberapa ruangan bertapa terkenal yang berada di dalam Goa Cerme antara lain adalah: Air Zam-zam, Mustoko, Air Suci, Panggung Pertemuan, Watu kaji, Grojogan Sewu, Kahyangan, Pelungguhan / Paseban, Batu Gilang, Gamelan, Kraton, Gedung Sekakap, Lumbung Padi, Panggung, Watu Gantung serta Goa Lawa.

goa-cerme

Ada baiknya saat mengunjungi tempat ini Anda dipandu oleh guide yang akan menjelaskan satu persatu seluk beluk dari goa eksotis ini. Hal ini bertujuan supaya Anda tidak kehilangan jalan serta terhindar dari tersesat. Selain goa utama, juga ada beberapa goa lain di sekitar lokasi Goa Cerme, beberapa di antaranya adalah Goa Ledek, Goa Kaum, Goa Badut, Goa Dalang. Goa kecil ini utamanya sebagai tempat sembahyang atau melakukan tapa serta semedi.

Harga tiket untuk memasuki Goa Cerme sekitar Rp 2.500 dan biaya parkirnya bagi kendaraan roda dua atau sepeda motor sebesar Rp 2.000. Harga ini masih bisa naik lagi karena semakin banyak orang tahu serta berniat mengunjungi tempat ini. Telah disediakan pula tempat persewaan topi senter atau headlamp dengan harga lima ribu rupiah jika Anda tidak membawa persiapan penerangan memasuki goa yang gelap dan lembab. Ada pula penyewaan pemandu memasuki goa dan tariff yang dipasang bisa bervariasi. Disarankan untuk didampingi pemandu karena memang jalan di dalam berliku dan jika tidak biasa bisa tersesat nantinya. Beberapa fasilitas tambahan di Goa Cerme antara lain adalah toilet umum, tempat pertemuan, warung makan, serta pusat informasi penting. Semoga informasi ini bisa membuat Anda tertarik untuk berkunjung ke sini, dan selamat berlibur!

No Tag have Found!
Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^