Menu
×

Menikmati Keindahan Alam di Kebun Teh Nglinggo

Menjalani rutinitas dan hidup di tengah hiruk – pikuk kota rentan membuat manusia menjadi stress. Untuk itu liburan sejenak dapat menjadi sarana pelepas kepenatan. Jika tinggal di Yogyakarta atau berniat berlibur ke Yogyakarta, Kebun Teh Nglinggo dapat dijadikan pilihan untuk berlibur dan menikmati sejuknya udara pegunungan. Kebun teh yang terletak di dusun Nglinggo, Desa Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta ini berada di ketinggian 900 – 1000 mdpl.

Untuk mencapai lokasi wisata ini, anda harus menempuh jarak kurang lebih 40 km dari pusat kota Yogyakarta dengan medan menanjak. Rute jalan yang ditempuh dari pusat kota Yogyakarta yaitu Tugu – Ringroad Barat – Jalan Godean – Pasar Godean – Jembatan Kali Progo – Perempatan Kenteng. Di Perempatan Kenteng anda akan menemui lampu merah ambil arah ke kanan hingga menemui Perempatan Dekso kemudian ambil jalan ke arah kiri dan ikuti saja jalan tersebut hingga tiba di Pertigaan Pasar Plono. Dari Pasar Plono ikuti papan petunjuk arah menuju Kebun Teh Nglinggo.

Sebenarnya Kebun Teh Nglinggo sudah ada sejak belasan tahun silam. Keberadaannya dimanfaatkan warga sekitar yang berprofesi sebagai petani teh tradisional untuk memetik daun teh. Namun dengan kreativitas warga Nglinggo, kebun teh ini kemudian disulap menjadi tempat wisata yang sekarang ramai dikunjungi wisatawan.

Kebun Teh Nglinggo

Sumber foto: Akun Instagram @megaditta

Kebun teh ini menjadi tujuan wisata yang cocok untuk berlibur bersama keluarga dan teman. Setelah membayar karcis masuk sebesar Rp3.000,- yang sudah termasuk biaya parkir, anda sudah dapat menikmati keindahan alam Perbukitan Menoreh serta melihat petani teh memetik teh kala musim panen tiba. Aktivitas memanen atau memetik daun teh dimulai sejak pagi hari sebelum matahari terbit dan berakhir ketika sinar mentari mulai menyengat. Bagi anda yang menyukai ketinggian dan suka tantangan, anda dapat pergi ke puncak kebun teh ini dengan menapaki jalan setapak dan anak tangga yang cukup menguras tenaga.

Apabila anda hendak menginap untuk berburu sunrise atau sekedar menikmati pagi hari yang sejuk dengan suasana perkebunan teh, di sekitar area Kebun Teh Nglinggo ini sudah tersedia beberapa homestay dan penginapan yang cukup nyaman. Beberapa pemilik homestay dan penginapan biasanya juga menyediakan makanan khas tradisional jika anda ingin mencicipi kuliner khas Samigaluh. Di sekitar kebun teh juga terdapat warung-warung kecil yang menyediakan makanan dan minuman. Fasilitas parkir pun sudah disiapkan sehingga mampu menampung kendaraan wisatawan. Sesampainya di lokasi parkir, anda akan langsung disuguhi pemandangan hijau sejauh mata memandang. Suasana sejuk dan segar pun langsung menghapus lelah perjalanan yang anda tempuh.

Mengunjungi Kebun Teh Nglinggo sebagai tujuan wisata sebagai pelepas penat dan jenuh menjadi pilihan yang tepat. Pemandangan yang hijau dan suasananya yang sejuk tentu akan membuat anda siap kembali ke rutinitas dengan lebih semangat.

Letak Kebun Teh Nglinggo di Google Map :

Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja | Sewa Mobil Harian Lepas Kunci. All rights reserved.

^