Menu
×

Mau Tahu Koleksi Yang Ada di Museum Gunung Merapi?

Museum gunung Merapi adalah sebuah tempat yang mempunyai fungsi untuk sarana pembelajaran mengenai gunung yang paling aktif di dunia. Di sarana pembelajaran museum gunung api Merapi ini Anda bisa belajar mengenai gunung merapi dari aspek mitos dan juga aspek legendaris, sejarah meletusnya gunung, kearifan lokal, dan juga melihat langsung sisa erupsi yang membuat dada Anda sesak.

Sebagai daerah ring of fire atau cincin api, Indonesia mempunyai ratusan gunung yang terbentang dari pulau sumatera sampai ke papua, baik itu gunung yang masih aktif dan juga gunung yang statusnya sudah tidak aktif. Gunung Merapi merupakan salah satu gunung yang masih dalam keadaan aktif di Indonesia dan dunia. Gunung ini berada di daerah perbatasan antara Jogjakarta dan juga Jawa Tengah, sehingga membuat daerah ini masuk ke daerah yang rawan akan bencana.

Museum gunung api Merapi dibangun untuk langkah mengantisipasi dan memberikan beberapa pemahaman mengenai perlunya upaya untuk mitigasi sebuah bencana. Selain untuk memberikan pemahaman, museum gunung api Merapi dijadikan sebagai sarana edukasi untuk kalangan pelajar dan juga kalangan masyarakat umum, museum gunung api Merapi ini juga mempunyai tujuan sebagai sarana pengembangan ilmu bencana gunung berapi, gempa, dan juga bencana-bencana yang lain. museum gunung api Merapi berada di lereng Merapi yang sangat sejuk, bangunannya berbentuk cukup unik, seperti segitiga yang bentuknya serupa dengan gunung. Apabila cuaca cerah, Anda bisa melihat secara langsung gunung Merapi dari pelataran Museum gunung Merapi.

Semboyan dari museum ini adalah Merapi Jendela Bumi, museum gunung api Merapi dibagi menjadi dua lantai dalam satu gedung. Pada saat Anda berada di lantai 1, Anda akan langsung melihat maket dari gunung api Merapi dengan ukuran yang besar, maket tersebut mengeluarkan suara gemuruh dan juga asap. Pada suatu sisi maket ini terdapat tombol untuk tahun pada saat gunung ini mengalami erupsi, apabila Anda menekan salah satu tombol, maka Anda akan melihat langsung bagaimana erupsi diperagakan dalam bentuk simulasi lava pijar yang meleleh dan juga narasi yang dilatar belakangi dengan alunan musik Jawa.

Di ruang yang utama ini, Anda dapat lanjut ke perjalanan Anda di gedung museum gunung api Merapi menuju dunia gunung berapi. Pada zona ini ada dokumentasi dan juga alat-alat peragaan tentang fenomena gunung api yang terjadi di seluruh dunia. Di masing-masing alat peragaan, ada papan yang memberikan informasi dengan dua bahasa yang berbeda agar wisatawan asing yang datang berkunjung merasa mudah untuk membacanya meskipun tidak menggunakan jasa tour guide.

Kemudian di museum gunung Merapi terdapat sebuah zona dari gunung Merapi yang dikhususkan memberikan informasi mengenai latar belakang Merapi. Pada zona ini, Anda dapat melihat bagaimana fenomena kubah gunung api Merapi bertumbuh, mitos tentang gunung api Merapi, pos untuk mengamati kegiatan gunung api Merapi dari zaman Belanda sampai zaman sekarang ini, dan yang lain-lainnya.

Ketika Anda sudah puas berkeliling di lantai satu gedung museum gunung api Merapi, Anda dapat langsung naik ke lantai dua untuk melihat alat peragaan bagaimana tsunami bisa terjadi dan juga foto-foto ketika erupsi. Anda bisa melihat dokumentasi gunung api Merapi erupsi sejak tahun 1930 sampai tahun 2010. Tidak sekedar itu saja, pada zona ini Anda juga akan diajarkan bagaimana caranya Anda menyelamatkan diri Anda ketika mendapatkan sebuah ancaman gunung api akan meletus. Maka, dari itu Museum Gunung Merapi sangat wajar di dirikan dan dijadikan sebagai sarana edukasi dengan tujuan mengurangi korban jiwa akibat bencana gunung meletus.

Pada lantai yang kedua ini, Anda juga akan menemukan mini teater yang mampu menampung 100 orang untuk menonton film dokumenter Di Bawah Langit Merapi dengan durasi sekitar 20 menit. Museum gunung api Merapi letaknya kira-kira 5 km dari tempat wisata Kaliurang. Wisata edukasi Museum Gunung Merapi ini buka dari hari Selasa sampai Minggu pada pukul 09.00 sampai pukul 15.30. Untuk tiket masuk Anda akan dikenakan hargaRp. 3.000 per orangnya, bagi Anda yang ingin menonton di mini teater Anda harus membayar lagi Rp. 5.000 per orangnya.

No Tag have Found!
Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja | Sewa Mobil Harian Lepas Kunci. All rights reserved.

^