Menu
×

Wisata Edukatif Museum Manusia Purba Sangiran

Bagaimana cara mengenalkan anak-anak tentang asal-usul manusia? Anda dapat mengajaknya ke Museum Manusia Purba Sangiran. Disana Anda beserta anak-anak dapat menikmati tayangan baik visual, audio, maupun audiovisual yang dapat menjelaskan berbagai proses ditemukannya manusia zaman dahulu, proses evolusi manusia, proses terbentuknya alam raya, dan gugusan gunung-gunung berapi yang semua hal tentang manusia purba.

Situs purbakala tersebut berada di kaki Gunung Lawu di Jawa Tengah yaitu di Kabupaten Sragen. Apabila Anda dari kota Solo maka akan menempuh jarak sekitar 17 km dengan melalui jalur ke Kecamatan Kalijambe, sedangkan dari Semarang akan lebih cepat dengan melalui jalur Karanggede, Gemolong, Kalijambe kemudian Sangiran. Jalan menuju wisata sejarah nan edukatif tersebut masih memprihatinkan karena banyak jalan yang masih harus diperbaiki.

Penelitian manusia purba dan binatang purba pada mulanya dipelopori oleh G.H.R.Von Koenigswald, yaitu seorang paleoantropologi yang berasal dari Jerman yang bekerja pada pemerintahan zaman Belanda tahun 1930-an. Sosok berjasa tersebut juga melatih masyarakat Sangiran untuk kenal dengan fosil dan cara memperlakukan fosil temuan dengan benar. Hasil penelitian tersebut dikumpulkan disuatu tempat yaitu di Rumah Bapak Totomarsono selaku Kepala Desa Krikilan hingga tahun 1975. Berdasarkan penemuan situs purbakala paling banyak maka museum Sangiran ini adalah yang paling lengkap se- Asia bahkan se- dunia.

Museum Manusia Purba Sangiran

Sumber gambar : akun IG @f_tyas

Museum Manusia Purba Sangiran merupakan situs cagar budaya karena disitulah terkumpul berbagai macam penemuan-penemuan benda arkeologi dari zaman purba yang telah diakui oleh dunia. Museum ini tergolong dalam dua wilayah Kabupaten penemuan yaitu Kabupaten Sragen dengan Kecamatan Plupuh, Kalijambe, dan Gemolong, sedangkan Kabupaten Karenganyar hanya dengan satu Kecamatan Gondangrejo.

Anda hanya akan ditarik tiket masuk dengan harga Rp 5.000,00 sedangkan untuk wisatawan mancanegara sebesar Rp 11.500,00 belum termasuk biaya parkir senilai Rp 2.000,00. Tarif tersebut sudah sesuai dengan PERDA No.2 Tahun 2011 Kabupaten Sragen. Museum buka setiap hari Selasa hingga Minggu dari pukul 9 pagi hingga 4 sore.

Museum Manusia Purba Sangiran menyuguhkan koleksi fosil-fosil yang telah ditemukan di Kawasan Cagar Budaya Sangiran. Terdapat sekitar 13.806 buah benda yang di pamerkan dan tersimpan didalam dua tempat yaitu 2.931 diruang display dan sisanya tersimpan di dalam gudang penyimpanan. Koleksi yang ada seperti cetakan fosil manusia purba, fosil manusia Homo Sapiens, Fosil Binatang Air, batuan, fosil tumbuhan laut, serta alat-alat batu.

Ruang untuk pameran Museum Manusia Purba Sangiran meliputi ruang utama, ruang laboratorium, ruang pertemuan, ruang perpustakaan, ruang penyimpanan, ruang audio visual, mushola, dan toilet. Anak-anak akan sangat senang saat mengunjungi museum yang menyajikan fosil-fosil secara langsung. Unsur kependidikan yang sangat kuat sehingga cocok untuk dilakukan karya wisata.

Baca Juga : Wisata Museum Lainnya

Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^