Menu
×

Perkaya Khasanah Budaya Kalian! Yuk Berkunjung ke Museum Sonobudoyo

Setiap kota-kota yang ada di dunia, termasuk di Indonesia juga mempunyai bangunan berupa museum. Museum kerap diartikan sebagai bangunan yang menyimpan barang-barang peninggalan sejarah saja. Padahal, ada beberapa jenis museum tergantung dari nama dan fungsinya, seperti museum bersejarah, museum geologi, museum kesenian, museum kebudayaan serta masih banyak yang lainnya. Dari sekian banyaknya daftar museum yang ada di Indonesia, namun hanya ada beberapa diantaranya yang terkenal, seperti Museum Nasional yang berada di Indonesia. Selain Museum Nasional, di Yogyakarta juga terdapat museum yang terkenal yaitu Museum Sonobudoyo.

Museum Sonobudoyo

Sumber gambar: akun instagram @sheislennasalleh

Menariknya, museum ini dibagi menjadi dua unit yang keberadaannya terpisah. Di bagian museum unit pertama letaknya berada di dekat Alun-alun utara Keraton Yogyakarta. Museum unit pertama ini mempunyai bangunan berbentuk rumah joglo dengan mengusung konsep seperti desain yang ada di Masjid Keraton Kasepuhan Cirebon. Konsep desain tersebut terlihat jelas dari adanya pendopo atau pendapat yang terdapat di museum ini. Sementara untuk museum unit kedua, terdapat kawasan Wijilan.

Museum ini menjadi terkenal karena termasuk dalam kategori tempat yang mempunyai koleksi yang cukup lengkap. Pasalnya, museum ini bersifat umum karena di dalamnya terdapat berbagai macam koleksi dari beberapa kateogori, yaitu arkeologi, geologi, biologi, teknologi, keramonologi, filologika, seni rupa, historika, numismatika dan etnografi. Dengan begitu, para pengunjung bisa melihat dan menyaksikan banyak hal yang terdapat di dalamnya, sehingga mereka tidak akan merasa bosan saat berkeliling di museum ini.

Dari berbagai koleksi yang ada di museum ini, terdapat sekitar 1.200 keris yang berasal dari berbagai daerah yang ada di seluruh dunia. Keris-keris tersebut jenisnya juga beragam, sehingga bentuk, ukuran hingga motifnya pun juga berbeda-beda. Tak hanya itu saja, di dalam Museum Sonobudoyo ini juga terdapat koleksi bahan baku pembuatan keris yang umurnya diperkirakan sudah mencapai 700 Masehi. Sebenarnya, tak hanya itu saja koleksi yang terdapat di dalam museum ini karena masih terdapat berbagai koleksi lainnya. Untuk dapat memastikannya, sebaiknya langsung saja datang ke museum ini.

Lokasi dan Akses Menuju Ke Museum Sonobudoyo

Seperti apa yang sudah dijelaskan sebelumnya, museum ini terbagi menjadi dua bagian yang terdapat di dua tempat yang berbeda pula. Untuk museum unit pertama lokasinya berada di Jalan Trikora No. 06, Yogyakarta. Sementara untuk museum unit kedua lokasinya berada di kawasan Ndalem Codrokiranan Wijilan, Yogyakarta. Kedua jenis museum ini berada di tengah kota, sehingga dapat diakses dari segala arah dan dapat menggunakan jenis kendaraan apapun.

Fasilitas yang ada di Museum Senobudoyo Unit 1

  • Koleksi buku dan naskah kebudayaan Indonesia
  • Pendopo khusus sebagai ruangan untuk pengunjung
  • Laboratorium Konversi
  • Auditorium yang bisa digunakan sebagai ruang rapat/pelatihan dan seminar

Fasilitas yang ada di Museum Senobudoyo Unit 2

  • Koleksi buku dan naskah kebudayaan Indonesia
  • Pendopo khusus sebagai ruangan untuk pengunjung
  • Laboratorium Konversi
  • Ruang serbaguna berfasilitas lengkap dan mampu menampung sekitar 500 orang

Untuk datang ke Museum Senobodoyo ini, para wisatawan harus membeli tiket terlebih dahulu. Harga tiket akan lebih murah jika kunjungan museum dilakukan oleh rombongan atau secara bersama-sama dengan banyak orang.

No Tag have Found!
Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^