Menu
×

Melepas Penat dalam Eksotisnya Pantai Nguyahan, Gunung Kidul

Yogyakarta memang kota yang istimewa alamnya. Di kota ini para pengunjung bisa merasakan keindahan tempat-tempat wisata yang cantik dan alami. Pantai Nguyahan adalah salah satunya. Pantai yang belum banyak dikunjungi para turis ini terletak di Kabupaten Gunung Kidul. Jika Anda bertempat tinggal atau menginap di pusat kota Yogya, maka perjalanan menuju pantai ini akan menghabiskan kira-kira 2 jam dengan kendaraan pribadi. Perjalanan yang cukup menyita waktu ini akan terbayarkan saat Anda memandangi panorama pantai yang masih asri ini. Pantai ini memang belum terkenal, tak seperti Pantai Baron atau Kukup. Meskipun begitu, akses jalan menuju Nguyahan sudah cukup baik dan bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor.

Terletak di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunung Kidul, Pantai Nguyahan memiliki pemandangan alam yang akan membuat Anda terkagum-kagum. Pantainya pasir putih dengan bebatuan karang kecil di bibir pantai. Penduduk sekitar banyak yang memanfaatkan pantai ini sebagai lahan untuk mencari rumput laut. Namun, aktivitas ini tak bisa selalu disaksikan setiap hari karena mereka biasa mencari di hari-hari selain weekend.Selain pasirnya yang putih dan halus, pantai ini juga memiliki kawasan yang ditumbuhi tumbuhan ganggang hijau. Jika para pengunjung mengamati dengan baik-baik, maka di antara karang-karang yang ditumbuhi ganggang tersebut terdapat ikan-ikan kecil yang berenang.Sayangnya ikan-ikan yang bersembunyi di balik karang ini hanya bisa dilihat saat air laut sedang surut.

Pantai Nguyahan

Sumber foto: Instagram @pantai_nguyahan

Jika Anda datang ke Pantai Nguyahan, ada banyak hal yang bisa dilakukan di sini. Berenang adalah pilihan yang tepat karena pantai ini jenisnya landai jadi cukup aman untuk berenang.Hanya duduk-duduk di pinggir pantai pun terasa menyenangkan karena pengunjung bisa melihat lautan lepas sambil menikmati kelapa muda yang bisa dibeli di area pantai ini. Ada beberapa warung yang telah beroperasi di pantai eksotis ini.Cemilan dan minuman bisa dibeli di warung-warung tersebut. Jika perut tak kuasa menahan lapar, menyantap mie goreng atau mie rebus sambil memandangi birunya laut Gunung kidul pun terasa nikmat.

Pantai Nguyahan

Sumber foto: Instagram @pantai_nguyahan

Pantai ini memiliki nama yang cukup unik yaitu Nguyahan. Dalam Bahasa Jawa, Nguyahan berasal dari kata “uyah” yang bermakna garam. Pantai ini dulunya merupakan tempat mencari garam bagi para penduduk sekitar.Konon, saat itu pasukan Belanda menduduki wilayah Gunung Kidul dan para pencari garam yang ada di daerah ini dimintai upeti secara paksa.

Sejak jadi kawasan wisata, terdapat larangan di pantai ini yaitu tidak boleh membawa pasir pantai pulang. Jika Anda nekat membawa pasirnya dan ketahuan pengelola setempat maka akan diminta untuk mengembalikan pasir tersebut. Sebisa mungkin saat ke Pantai Nguyahan, patuhilah peraturan ini agar liburan terasa menyenangkan.

Peta Pantai Nguyahan menurut Google Map :

Tags:  
Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^