Menu
×

Panorama Pantai Parangracuk: Si Kincir Angin Belanda dari Laut Selatan

Gunungkidul memang menyimpan sejuta keindahan alam yang menawan. Kabupaten ini sangat terkenal dengan wisata pantai yang mampu memikat para wisatawan dengan keindahan alam yang ada. Obyek wisata pantai yang ada disini pun selalu diramaikan oleh pengunjung baik lokal maupun mancanegara. Tentunya, kedatangan para wisatawan ini bertujuan untuk menikmati pesona alam yang luar biasa. Salah satu pantai yang memiliki pesona alam dan akhir-akhir ini menjadi incaran para pengunjung adalah Pantai Parangracuk. Pantai ini sangat unik karena Anda tidak dapat menjumpai hamparan pasir yang lembut disini.

Pantai yang berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul ini memang sangat berbeda dari pantai pada umumnya. Ketika Anda berwisata ke Pantai Parangracuk, Anda tidak akan disuguhi oleh pemandangan dengan hamparan pasir yang luas ataupun batuan karang yang ada di sekeliling pantai. Melainkan Anda akan melihat hamparan air laut yang luas yang berbatasan dengan tebing yang sangat tinggi. Disini Anda akan mendengar suara dentuman ombak yang menghantam pinggir tebing. Hal ini membuat para pengunjung tertarik untuk datang kesini.

Pantai Parangracuk

Sumber gambar: Akun Instagram @zeya_fw

Lokasi Pantai Parangracuk berada tepat di sebelah barat Pantai Baron. Untuk menuju ke pantai ini, Anda bisa berjalan menelusuri bukit karang kurang lebih 20 menit. Memang akan sangat melelahkan, akan tetapi rasa lelah Anda akan terbayar setelah menikmati pesona alam yang memukau ini. Namun, terdapat pula jalan yang langsung menuju pantai ini dengan menggunakan kendaraan. Akan tetapi, Anda harus memutar balik dan perjalanan Anda akan lebih lama dan cukup jauh. Jika berkunjung mengendarai kendaraan, Anda tinggal menuju ke daerah Balai Pengkajian Dinamika Pantai (BPDP) dan mengikuti jalan setapak yang ada di samping balai.

Baca Juga : Tersingkapnya Situs Purbakala Candi Palgading

Hal yang paling menarik dari pantai ini adalah kincir angin atau sumber energi alam alternatif yang dapat Anda temui di area pantai. Selain sebagai tempat wisata, pantai ini juga berfungsi sebagai tempat edukasi dan penelitian. Pengembangan yang ada di BPDP ini adalah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan Pembangkit Listrik Tenaga Ombak (PLTO). Anda juga dapat melihat prototipe PLTO yang dipasang di kawasan sekitar pantai ini.

Pantai Parangracuk

Sumber gambar: Akun Instagram @zeya_fw

Menikmati pemandangan alam memang sangat menyenangkan, apalagi jika dibarengi dengan memperoleh pengetahuan yang sangat bermanfaat. Selain memancing, menyaksikan matahari tenggelam dari atas tebing, serta berfoto-foto, Anda juga dapat melihat kincir angin di pantai ini sehingga tidak perlu untuk jauh-jauh pergi ke Belanda. Pantai Parangracuk memang memiliki potensi yang lebih daripada pantai lain, hal ini membuat daya tarik tersendiri dari pantai ini. Bahkan, di daerah sekitar pantai juga diperbolehkan untuk dijadikan tempat berkemah. Akan tetapi, mengingat tingginya tebing disini, disarankan Anda untuk tidak terlalu ke daerah pinggir tebing agar tidak terjatuh.

Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^