Menu
×

Kunjungan ke Museum Monumen Pangeran Diponegoro “Sasana Wiratama”

Museum Monumen Pangeran DiponegoroSasana Wiratama” terletak di Jl HOS CokroaminotoTegalrejo, Yogyakarta. Museum ini dahulu merupakan kediaman dari Pangeran Diponegoro. Pangeran Diponegoro adalah salah satu pahlawan yang berjasa saat terjadinya perang melawan Belanda di tahun 1825 hingga 1830. Beliau merupakan anak sulung dari Sultan HB III. Tujuan berdirinya museum ini tidak lain yaitu untuk menghargai serta mengenang jasa beliau dalam menumpas penjajah.

Sasana Wiratama

Sumber foto: Instagram @fitri.fidiflower

Museum ini berada di area yang cukup luas yaitu sekitar 2 hektar. Sebagian besar barang yang ada di sini adalah barang peninggalan mendiang Pangeran Diponegoro semasa hidupnya. Ada banyak alat perang yang digunakan beliau ketika memerangi penjajah. Peralatan tersebut diantaranya pedang, keris, tameng, dan tombak. Selain bisa melihat alat-alat yang dipakai beliau ketika perang, Anda juga bisa melihat saksi bisu lolosnya Pangeran Diponegoro dari kejaran Belanda. Di museum itu ada dinding yang berlubang. Dinding berlubang tersebut adalah dinding yang dijebol secara paksa agar beliau lolos dari tangkapan Belanda. Melubangi dinding adalah jalan satu-satunya yang bisa dilakukan saat itu. Tak hanya alat-alat perang, peralatan dapur pun tersedia di museum ini seperti canting dan teko untuk minum. Alat-alat ini sebagian besar terbuat dari kuningan. Konon, alat-alat tersebut dibuat di tahun 1700an.

Di kawasan Monumen Pangeran Diponegoro Sasana Wiratama juga terdapat meriam yang berjumlah dua buah. Meriam ini jadi saksi bahwa peperangan di zaman dahulu telah memakan banyak korban. Peninggalan beliau yang masih dilihat secara kasat mata lainnya padhasan atau tempat wudhu. Benda ini terletak tepat di depan pendopo. Ada pula tempat makan dan minum yang digunakan oleh kuda beliau. Yang membuat menarik dari museum ini adalah bisa ditemukannya gamelan yang setelah diusut merupakan kepunyaan Sultan HB II.

Sasana Wiratama

Sumber foto: Instagram @dwi.kf

Berwisata ke tempat ini akan membuka pikiran menjadi lebih cinta pada negara Indonesia dan menghargai para pahlawannya seperti Pangeran Diponegoro. Tanpa jasa para pahlawan, maka tak bisa dipastikan kapan Indonesia merdeka. Mempelajari sejarah itu penting. Dari sejarah Anda bisa mempelajari banyak hal. Mengunjungi museum adalah hal yang penting terutama bagi para calon penerus bangsa.

Museum ini memang belum terlalu terkenal. Padahal benda-benda yang ada di tempat ini mengandung nilai filosofi dan histori yang tinggi. Mengunjungi tempat ini akan membuat generasi muda bersifat semakin nasionalis. Dengan sikap nasionalisme yang tinggi, para calon pemuda bangsa akan memberikan yang terbaik untuk negara.

Baca Juga : Pecinta Batik Wajib Datang ke Museum Ini! Museum Batik Yogyakarta

Monumen Pangeran Diponegoro Sasana Wiratama ini dibuka setiap hari Senin hingga Sabtu yaitu pada jam 8 hingga jam 2 siang. Akan tetapi di hari Jumat dan Sabtu hanya buka hingga jam 13.00 WIB saja. Membicarakan tentang biaya masuknya, tak perlu takut kemahalan karena biayanya dibayar secara sukarela. Tak ada pathokan berapa minimal tarif yang harus dibayar.

Lokasi Museum Sasana Wiratama di Peta Google Map:

Untuk melakukan perjalanan rombongan, bisa menggunakan jasa agen perjalanan wisata berikut :

PAKETWISATA ID

Tags:  
Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^
1
×
Halo, dengan RentalMobilJogja.ID. Ada yang mau ditanyakan?