Menu
×

Berkunjung ke Museum Sonobudoyo

Jika Anda sedang berwisata ke Yogyakarta,berkunjung ke museum bisa menjadi salah satu alternatif tujuan wisata, apalagi jika Anda penggemar sejarah dan budaya. Selain untuk menambah pengetahuan bagi diri sendiri, Anda juga bisa menumbuhkan minat akan sejarah dan budaya pada anak atau anggota keluarga lainnya. Salah satu museum di Yogyakarta yang patut untuk dikunjungi adalah Museum Sonobudoyo.

Beralamat di Jalan Trikora No. 6, museum ini memiliki koleksi sejarah dan budaya Jawa yang dianggap paling lengkap kedua setelah Museum Nasional di Jakarta. Koleksinya terdiri dari keramik pada jaman Neolitik,senjata kuno, patung perunggu, mata uang, hingga topeng Jawa. Museum ini terdiri dari dua unit yang masing-masing berada di JalanTrikora dan diWijilan atau sebelah timur alun-alun utara keraton Yogyakarta. Jika Anda penggemar wayang kulit, unit II museum yang terletak di Wijilanmenampilkan pertunjukan wayang kulit pada setiap malam hari kerja unutk wisatawan lokal dan mancanegara dari jam 20.00 hingga 22.00 dengan tanda masuk sekitar Rp 25.000;-.

Museum Sonobudoyo DIY

Koleksi Museum Sonobudoyo berjumlah kurang lebih 43,000 item dan bertambah setiap tahunnya melalui hibah, barang titipan, pesanan, maupun proses ganti rugi. Salah satu koleksinya adalah senapan laras panjang dan meriam yang dipamerkan di unit I dan unit II dari masa Sri Sultan HamengkuBuwono III. Terdapat pula beberapa koleksi arca dan relief di halaman pendopo, seperti arca Mahakala dan Makara, serta arca Dewi Laksmi. Namun jika Anda penggemar keris, prosedur untuk melihatnya masih cukup sulit karena harus meminta ijin pada pimpinan museum. Hal ini karena masih banyak koleksi keris yang belum ditampilkan untuk umum.

Baca Sebelumnya : Belajar Budaya di Museum Ullen Sentalu di Jl Boyong, Pakem

Di Museum Sonobudoyo unit I juga terdapat perpustakaan, ruang laboratorium konvensi, auditorium, dan gedung serba guna yang dapat digunakan oleh masyarakat. Auditorium yang terdiri dari dua lantai masing-masing berkapasitas 75 orang di lantai satu, dan 100 orang di lantai dua, dengan fasilitas soundsystem, kursi, dan meja. Biasanya ruangan ini digunakan untuk rapat, pelatihan, ataupun seminar.

Karena terletak di pusat kota Yogyakarta,museum ini sangat mudah untuk dikunjungi. Apalagi jika Anda berada di kawasan Malioboro, Anda bisa berjalan kaki ke arah selatan menuju ke alun-alun Yogyakarta. Jika Anda berminat untuk berkunjung, Museum Sonobudoyo buka pada hari Selasa hingga Kamis pukul 08.00– 14.00, hari Jumat pukul 08.00-11.00, dan hari Sabtu hingga Minggu pukul 08.00-13.00. Museum tutup pada hari Senin, hari besar keagamaan dan hari libur nasional. Sebagai sarana tambahan, pihak museum juga menyediakan pemandu wisata gratis bagi para pengunjung sehingga sangat berguna untuk mendapat informasi mengenai koleksi yang ada di museum ini.

Lokasi Museum Sonobudoyo di Google Map

Tags:  
Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^
1
×
Halo, dengan RentalMobilJogja.ID. Ada yang mau ditanyakan?