Menu
×

Menikmati Wisata Alam Eksotis di Waduk Sermo

Waduk Sermo merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Yogyakarta. Lebih spesifiknya, lokasi dari tempat wisata ini adalah di desa Hargowilis, kecamatan Kokap, kabupaten Kulonprogo Yogyakarta. Dari kota Yogyakarta, lokasi wisata danau ini berada pada 36 km ke arah barat. Sementara itu, dari pusat kota Wates, wisata waduk ini berjarak 6 km.

Tempat wisata danau yang juga dimanfaatkan sebagai infrastruktur sistem pengairan dan air minum ini berada di tengah perbukitan Menoreh yang tersusun dari batuan karst atau yang lebih kita kenal dengan batuan gamping. Lokasinya yang berada di tengah deretan bukit ini membuat waduk Sermo sebagai wisata alam favorit untuk mereka yang jenuh dengan aktivitas kota yang bising.

Waduk Sermo

Sumber gambar: akun Instagram @tour_jogjanesia

Para wisatawan dapat melihat sejuknya pepohonan di sepanjang perjalanan menuju destinasi wisata yang diresmikan pada 20 November 1996 oleh Mantan Presiden Soeharto ini. Selain itu, suasana pedesaan dengan hamparan luas persawahan warga Kulonprogo turut menghiasi keindahan alam di perjalanan menuju waduk. Saat mendekati lokasi, Anda akan disajikan dengan pengalaman melintasi jalanan berbatu yang sensasinya tidak Anda dapatkan di lokasi wisata kota.

Waduk buatan yang memiliki luas 157hektar ini juga mempunyai cerita tersendiri pada awal pembangunannya. Waduk ini pada mulanya memang tidak dibuat untuk kepentingan wisata, melainkan sebagai sumber air masyarakat Kulon Progo yang hidup di atas tanah ber-karst. Dulunya, waduk Sermo dibangun dengan mentransmigrasikan 107 kepala keluarga yang sebelumnya tinggal di lokasi waduk. Para penduduk tersebut ditransmigrasikan ke Bengkulu dan Riau.

Waduk yang dibangun dengan menghabiskan dana sekitar 22 millyar Rupiah ini kini menjadi tempat wisata alam bagi wisatawan domestik maupun manca negara. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan ketika Anda mengunjungi waduk ini. Pertama, Anda bisa duduk di sekitar danau buatan ini sambil menyaksikan suasana senja dengan pemandangannya yang sayang untuk tidak diabadikan. Selain itu, Anda juga bisa naik perahu yang disewakan oleh warga sekitar untuk menyusuri danau. Dengan biaya 30.000 rupiah, Anda bisa merasakan ketenangan dan kesejukan semilir angin di atas perahu.

Jika Anda kemalaman untuk pulang, Anda bisa menginap di wisma yang tidak jauh dari lokasi waduk. Selain fasilitas tempat menginap, ada fasilitas lain seperti warung makan, toilet umum, dan bengkel yang disediakan untuk pengunjung. Selain dapat menikmati pemandangan malam hari dan saat matahari terbit, Anda juga bisa meluangkan waktu sebentar untuk singgah dan melihat-lihat rumah berbentuk jamur dan panggung tidak jauh dari lokasi wisata.

Demikian beberapa hal seputar tempat wisata alam waduk Sermo yang dapat menjawab rasa ingin tahu Anda sebelum melakukan perjalanan wisata ke Yogyakarta. Karena merupakan tempat wisata umum, Anda harus mematuhi apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat kunjungan. Selamat menyusun rencana traveling.

Sebelumnya : Wisata Pendidikan dan Budaya: Sejarah Keraton Kasunanan Surakarta

Tags:  
Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^