Menu
×

Keelokan Pesona Curug Setawing di Kulon Progo Yogyakarta

Yogyakarta tepatnya Kulon Progo tidak pernah kehabisan pesona keindahan alamnya. Kali ini akan dikupas mengenai wisata di Curug Setawing. Bagi yang suka traveling ke alam bebas wajib mengunjungi tempat ini saat Anda berkunjung ke kota Yogyakarta. Letaknya tidak begitu jauh, kira-kira hanya 1 jam perjalanan dari pusat kota Yogya. Begitu sudah sampai ke lokasi, rasa lelah Anda akan terbayar lunas. Ini adalah air terjun yang masih alami karena memang cukup jauh dari pusat keramaian kota. Jika ingin berkunjung ke tempat ini, akan lebih menyenangkan jika menggunakan kendaraan bermotor roda dua. Jalannya yang cukup menantang sekaligus pemandangan yang indah akan menjadi pengalaman yang tiada duanya.

Curug Setawing adalah air terjun dengan tinggi kira-kira 45 meter. Bentuk air terjun ini cukup unik dimana terlihat melebar pada bagian bawahnya. Air terjun ini sendiri terletak di sebuah desa yang bernama Desa Jatimulyo. Di lokasi wisata ini penduduk lokal sudah menyiapkan tangga sehingga perjalanan kaki menuju lokasi air terjun tidak akan berbahaya dan lebih mudah. Selain itu, Anda juga bisa istirahat dan bersantai di alam bebas di gazebo yang juga sudah di bangun oleh penduduk setempat. Untuk menjangkau lokasi dengan mudah, dari kota Yogyakarta Anda harus melalui jalan Godean. Air terjun ini ada di perbukitan menorah dengan banyak lokasi wisata lainnya yang juga sangat cantik.

Curug Setawing

Sumber gambar : Akun IG @jonggrangan_official

 Menyusuri jalan Godean maka Anda akan melewati pusat oleh-oleh keripik belut yang gurih dan nikmat. Kemudian Anda juga bisa mencicipi aneka kuliner berupa sate kere yang buka pada sore hari. Ketika Anda sudah sampai di Pasar Jonggrangan maka lokasi sudah sangat dekat. Anda hanya perlu memperhatikan petunjuk dan jalan kecil menuju ke arah air terjun Curug Setawing. Pemandangan menuju air terjun sangat menyejukkan mata. Anda akan dimanjakan dengan hamparan sawah hijau dengan udara yang masih sangat segar. Sambil menikmati perjalanan Anda juga sesekali akan bertemu dengan penduduk lokal yang masih mencari rumput atau kayu untuk bahan bakar dan pakan ternak. Pemandangan yang langka sekali di kota besar bukan?

Sebelum sampai ke air terjun utama, Anda akan menemukan beberapa air terjun kecil yang merupakan aliran sungai dari air terjun utama yang berada di paling atas. Jika saat musim hujan air terjun itu akan nampak sangat indah namun Anda harus lebih hati-hati karena lokasinya sangat licin. Anda bisa mengabadikan foto di bawah air terjun dan sambil menikmati segarnya air. Selama mengunjungi tempat ini harap buang sampai di tempat sampah karena penduduk setempat sudah menyiapkan semuanya dengan baik. Jika lokasi wisata bersih maka pemandangan dan keindahan Curug Setawing akan tetap terjaga baik.

Peta Curug Setawing pada Google :

Tags:  
Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^
1
×
Halo, dengan RentalMobilJogja.ID. Ada yang mau ditanyakan?