Menu
×

Desa Wisata Dome / Teletubies: Destinasi Wisata Unik untuk Traveller Sejati

Siapa sangka ternyata rumah unik yang sering kita lihat di serial anak Teletubies benar-benar ada. Ternyata, ada sebuah kampung yang rumah-rumah penduduknya berbentuk dome/ kubah, seperti rumah Teletubies. Kampung tersebut terletak di Prambanan, Sleman. Karena sangat unik dan kerap dikunjungi wisatawan, kampung  ini diberi nama Desa Wisata Dome / Teletubies.  Rumah-rumah dome di desa wisata ini memang terlihat kecil, namun memiliki beberapa ruang dan bahkan terdiri dari dua lantai. Lalu, siapakah sosok di balik pembangunan rumah dome di desa wisata ini? Dia adalah Ali Alabar, donatur tunggal dari proyek pembangunan rumah dome. Beliau merupakan pemilik Emaar Property Dubai.

Banyak wisatawan yang merasa penasaran dengan isi dan konstruksi bangunan rumah dome. Pembangunan rumah-rumah yang terlihat tidak biasa ini tentunya bukan tanpa alasan. Awalnya, rumah dome dibangun untuk tempat tinggal warga Desa Ngelepen yang menjadi korban gempa pada tahun 2006. Lokasi ini dinilai lebih aman untuk warga. Domes for The World Foundation dan LSM kemudian memberikan bantuan berupa rumah-rumah dome ini. Arsitektur yang unik sengaja dirancang sedemikian rupa agar tahan api dan gempa. Uniknya, udara di dalam rumah akan menyesuaikan udara di luar. Jika udara di luar rumah panas den terik, di dalam rumah akan terasa dingin dan sebaliknya.

Desa Wisata Domes

Sumber Gambar : Akun Instagram @achelluneta

Tidak hanya rumah-rumah penduduk yang berbentuk dome. Sarana umum seperti aula pertemuan, mushola, dan poliklinik di kampung ini juga berbentuk dome, hanya saja ukurannya lebih besar. Wisatawan yang datang ke desa wisata dome/teletubies ini bisa menikmati suasana yang unik dan menyenangkan sambil menaiki kereta kelinci untuk berkeliling perkampungan. Jika mereka datang di hari minggu dan hari libur, badut teletubies siap meramaikan suasana, sehingga kampung ini akan benar-benar terlihat seperti tempat tinggal teletubies. Para wisatawan juga bisa ber-selfie ria bersama mereka. Sangat menyenangkan, bukan?

Desa Wisata Domes

Sumber Gambar : Akun Instagram @irapisundra

Salah satu hal unik di desa wisata dome /teletubies ini adalah nilai kearifan lokal yang masih sangat kental. Walaupun rumah penduduk bergaya modern minimalis, namun masyarakatnya masih banyak yang bertani dan berkebun. Mereka menanam pohon jambu, jagung, dan pisang di pekarangan rumah dan sekitarnya. Selain itu, warga menjemur gabah di area pekarangan dan di pinggir jalan. Aktivitas-aktivitas ini benar-benar menggambarkan nilai kearifan lokal masyarakat desa yang “dekat” dengan alam.

Nah, jika Anda mengaku traveller sejati, tentunya Anda tertarik untuk mengunjungi desa wisata dome/teletubies ini, bukan? Kampung unik dan indah ini terletak di Dusun Ngelepen, Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman. Cukup dekat dari Istana Ratu Boko. Tertarik untuk mengunjungi desa wisata ini? Jangan lupa naik kereta kelinci dan berfoto bersama Teletubies dengan latar rumah dome.

Panen Salak di Desa Wisata Pulesari
Raja Jengkol, Citarasa Khas Kuliner Andalan

Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja | Sewa Mobil Harian Lepas Kunci. All rights reserved.

^