Menu
×

Menilik Sejarah Goa Jepang di Sleman

Goa Jepang Sentonoharjo merupakan Goa Jepang di Sleman, tepatnya ada di Dusun Sentonoharjo, Desa Jogotirti, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Goa yang juga dikenal dengan nama goa Jogotirto ini tak banyak diketahui keberadaannya oleh masyarakat luas. Mungkin hanya segelintir orang yang tertarik dengan goa yang memiliki nilai sejarah ini. Ini pun pasti berkaitan dengan studi atau penelitian yang mereka lakukan. Padahal goa ini memiliki keindahan yang tak kalah menarik jika dibanding dengan goa-goa lainnya.

Goa Jepang di Sleman ini terletak di bukit yang sama dengan kawasan Candi Abang dan juga situs Goa Sentono. Jika Anda mengendarai roda dua, maka langsung bisa menuju ke goa Jepang Sentonoharjo ini. Namun jika Anda menaiki kendaraan roda empat, maka sebaiknya memarkirnya di Candi Abang kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Jalur menuju goa tersebut juga cukup mudah. Anda tinggal mengikuti jalan beraspal yang ada di samping Candi Abang, kemudian tinggal mengikuti jalan yang ada. Jika Anda sudah sampai ke jalan tanah, ikuti saja terus jalan tersebut hingga menemukan sebuah pertigaan. Setelahnya, Anda ambil jalur ke kanan, dan lanjutkan perjalanan sekitar 50 meter lagi, maka Anda akan sampai di Goa Jepang Sentonoharjo.

Goa ini memiliki empat lubang masuk dengan mulut goa yang berbentuk persegi berukuran 2 meter x 2 meter. Lorong masing-masing mulut goa akan bertemu saat mencapai kedalaman kira-kira 10 meter ke dalam. Saat Anda berkesempatan ke goa ini, sebaiknya membawa senter atau headlamp, karena dalam goa masih minim sekali pencahayaan. Sumber cahaya hanya berasal dari mulut goa saja.

Letak Goa Jepang Sleman di Google Map

Salah satu Goa Jepang di Sleman ini nampak bersih dan terawat. Hal tersebut dikarenakan masih minimnya kegiatan pariwisata di goa yang dibangun Jepang sebelum tahun 1945 ini. Sampah sama sekali tak terlihat di sekitar maupun di dalam goa, begitupun dengan dinding-dinding goanya. Tak seperti kebanyakangoa yang sudah terkontaminasi dengan berbagai macam coretan dari tangan yang tak bertanggung jawab. Karena selain alasan tak banyak dikunjungi wisatawan, ternyata goa ini juga rutin dibersihkan dan dirawat oleh masyarakat sekitar. Warga sekitar goa malah sering menggunakan goa ini untuk bersantai, bahkan tak jarang halaman goa ini dijadikan tempat untuk menjemur gabah.

Goa Sentonoharjo merupakan Goa Jepang di Sleman yang dulunya dibangun untuk gudang penyimpanan amunisi serta bom untuk tentara Jepang. Keberadaannya yang berdekatan dengan situs bersejarah Candi Abang dan Situs GoaSentono juga masih menjadi misteri sampai sekarang. Walaupun begitu, goa ini tetap saja akan selalu indah untuk dikunjungi. Jadi, bagi Anda yang berkesempatan untuk mengunjungi Candi Abang, tak ada salahnya untuk mampir ke goa Sentonoharjo ini. karena selain masih “perawan”, goa ini juga bisa menjadi alternatif pelepas penat Anda.

Baca Juga : Embung Batara Sriten Gunung Kidul

No Tag have Found!
Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^