Menu
×

Menyibak Grojogan Sewu Girimulyo Kulon Progo

Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Disana terdapat berbagai tempat wisata alam yang menyuguhkan keindahan istimewa. Salah satunya Grojogan Sewu Girimulyo. Grojogan memiliki arti curug atau air terjun. Wisata alam ini memang agak tersembunyi, letaknya di sekitar Hutan Pinus Girimulyo mendekati Goa Kiskendo tepatnya di Dusun Beteng, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Objek wisata ini baru dikelola sehingga wisatawan dari Yogyakarta maupun luar Yogyakarta belum terlalu tahu akan wisata alam air terjun ini. Artikel ini akan mengulas objek dan rute perjalanan menuju Grojogan Sewu tersebut.

Wisata alam ini memang belum populer seperti wisata alam Kulon Progo lainnya, akan tetapi di Grojogan Sewu Girimulyo ini memberikan kesejukan tersendiri karena masih alami, airnya pun masih jernih dan mengalir dari pegunungan. Jika Anda menginginkan suasana yang hening dan menyegarkan, tempat inilah yang cocok untuk Anda kunjungi. Anda dapat mengajak keluarga untuk sejenak menikmati keindahan alam. Wisata ini juga cocok bagi Anda yang merasa jenuh dengan udara kota, air terjunnya akan membuat Anda merasa refresh dan relax. Terdapat spot untuk berfoto-foto, seperti batu besar yang ada di depan air terjun dan dekorasi unik gazebo, dan tentunya air terjun tersebut.

Rute perjalanan dari Yogyakarta menuju Grojogan Sewu Giri Mulyo yaitu melewati Jalan Godean, Gedongan, Sungai Progo, Kenteng, dan Jalan Goa Kiskendo. Apabila Anda dari Sentolo maka melanjutkan perjalanan menuju Nanggulan, Kenteng lalu belok kiri ke Jalan Goa Kiskendo. Sedangkan dari Magelang maka menuju ke arah Kalibawang, lalu ke Dekso, Kenteng, dan belok kanan ke Jalan Goa Kiskendo. Saat perjalanan Anda akan menikmati pemandangan yang tidak kalah menarik seperti persawahan dan perbukitan dan rumah warga.

Grojogan Sewu Girimulyo

Sumber gambar : IG @noviaremi

Dari jalan utama Goa Kiskendo membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk tiba di Beteng Grojogan Sewu. Selain itu, jika Anda menggunakan sepeda motor maka akan membayar biaya parkir sebesar Rp 2000,00. Wisata alam ini sangat tergolong murah dan tidak ada tagihan khusus untuk tiket masuk karena wisata Grojogan Sewu Girimulyo ini hanya menyediakan tempat untuk sumbangan sukarela yang ditempatkan di depan pintu masuk.

Anda harus berjalan kaki sejauh 200 meter untuk menuju air terjun, akan tetapi saat perjalan itu Anda akan melihat perkebunan warga. Sebaiknya Anda tidak perlu khawatir dengan jalanan yang masih alami justru saat menapaki jalan bebatuan dan kayu karena Anda akan mendapatkan sensasi tersendiri. Apabila Anda sudah mendengar suara gemericik artinya sudah mendekati Grojogan Sewu Girimulyo. Pastikan saat Anda pulang untuk membawa kenangan dari wisata alam yang masih asri tersebut.

Peta Google Map Grojogan Sewu Girimulyo

Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^