Menu
×

Saksi Bisu Meletusnya Gunung Merapi, Kaliadem Menjadi Pusat Wisata Edukatif

Berwisata memang suatu hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Sebagai salah satu sarana yang bisa Anda pilih untuk menghilangkan kepenatan dan merefresh pikiran dari segala kepadatan aktivitas di rumah dan di tempat kerja. Salah satu surga wisata yang bisa Anda kunjungi adalah Daerah Istimewa Yogyakarta. Dikenal dengan sebutan Kota Pelajar, tidak membuat kota ini sepi peminat untuk berwisata karena di sana para wisatawan bisa menemukan berbagai lokasi baik wisata kuliner, budaya hingga wisata alam.

Kaliadem Di Masa Lalu

Salah satu wisata alam yang patut Anda coba ketika berkunjung di Yogyakarta adalah Kaliadem. Wisata yang satu ini memang sudah pasti tidak asing untuk Anda kunjungi.Kaliadem berada di sebelah selatan Gunung Merapi. Salah satu gunung api yang masih aktif di Indonesia. Tepatnya adalah di atas rumah dari juru kunci Gunung Merapi yang terkenal yaitu Mbah Marijan. Memang sebelum Gunung merapi meletus, Kaliadem adalah tempat wisata yang dikenal sebagai bumi perkemahan yang biasa digunakan oleh pendaki menuju ke Gunung Merapi. Di masa lalu ketenangan dan keasrian wilayah Kaliadem tidak ada duanya.

Saksi Bisu Meletusnya Gunung Merapi

Wilayah Kaliadem yang dikenal sebagai bumi perkemahan adalah saksi bisu pada saat Gunung Merapi meletus pada tahun 2006. Setelah gunung meletus, wilayah ini sempat porak poranda bahkan ditemukan korban jiwa. Di daerah Kaliadem terdapat sebuah bunker bawah tanah yang digunakan untuk bersembunyi dari datangnya asap panas akibat meletusnya gunung. Jika Anda mengunjunginya saat ini, Anda akan menemukan hamparan pasir putih bekas abu vulkanik letusan gunung. Segala bukti dari ganasnya Gunung Merapi telah disimpan di Museum Gunung Merapi.

Akses yang Harus Anda Tempuh

Untuk bisa sampai ke Kaliadem, Anda harus menuju ke wilayah Ds Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Kota Yogyakarta. Untuk bisa mencapai lokasi Kaliadem Anda hanya perlu mengikuti jalan Kaliurang dan akan ada petunjuk jalan yang akan menuntun Anda ke lokasi wisata. Anda bisa menggunakan mobil maupun motor agar bisa sampai ke lokasi wisata Kaliadem ini. Medan yang perlu Anda tempuh ketika menuju ke Kaliadem memang cukup terjal dan berkelok sehingga harus berhati-hati untuk melewatinya.

Lava Tour Kaliadem

Sebenarnya apa yang bisa Anda temukan di Kaliadem saat ini setelah tragedi meletusnya gunung Merapi?  Anda jangan khawatir atau takut kecewa, Kaliadem saat ini menjadi salah satu situs sejarah yang meninggalkan sejuta kenangan atas meletusnya Gunung Merapi. Udara yang sejuk dan asri masih bisa Anda rasakan ketika berada di sini. Apalagi saat ini kawasan Kaliadem dikembangkan oleh masyarakat sekitar sebagai salah satu objek wisata edukatif yaitu Lava Tour  Kaliadem Merapi. Anda akan diberikan pengetahuan mengenai erupsi gunung Merapi yang begitu hebat. Selain itu pemandangan indah akan puncak merapi bisa Anda rasakan dengan begitu dekat. Ketika mengikuti Lava Tour Kaliadem Anda bisa melihat puncak merapi hanya dengan jarak 2 km.

No Tag have Found!
Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^