Menu
×

Masukkan ke Agenda Liburanmu Gaes, Pantai Watu Kodok Gunung Kidul

Pantai Watu Kodok, Wisata Gunung Kidul. Tak hanya terkenal dengan wisata belanja di Malioboro, Yogyakarta juga punya tempat wisata alam berupa pantai. Pantai-pantai di Yogyakarta dibagi menjadi 3 kawasan, yaitu Gunung Kidul, Bantul, Kulon Progo. Semua pantai di masing-masing kawasan memiliki ciri khas sendiri-sendiri, seperti Pantai Watu Kodok.


Pantai Watu Kodok merupakan pantai yang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Gunung Kidul. Atau jika dilihat dari jalurnya berada di sebelah barat Pantai Indrayanti. Untuk mencapai lokasi ini, anda bisa mengikuti petunjuk arah jalan menuju Pantai Kukup. Sesampai di pertigaan Pantai Kukup, ke timur ada petunjuk menuju arah Pantai Watu Kodok.

Pantai-pantai di kawasan Gunung Kidul terkenal dengan keindahan alam yang mempesona, dilengkapi dengan hamparan pasir putih, karang-karang yang indah disisi kanan dan kiri, serta deburan gelombang dari laut lepas yang menjadi ciri khas dari pantai selatan, yang menambah keindahan dari Pantai Watu Kodok ini. Sudah tak perlu diragukan lagi, wisata pantai di kawasan Gunung Kidul ini memiliki pesona alam yang sayang untuk dilewatkan.

Untuk akses menuju Pantai Watu Kodok, bisa melalui Jalur Kota Yogyakarta menuju Kota Wonosari, dan selanjutnya menyusuri rute menuju Pantai Baron. Selanjutnya setelah sampai di pintu gerbang Pantai Baron, anda belok ke kanan yaitu ke arah timur dan mengikuti jalan menuju Pantai Indrayanti. Untuk masuk ke Pantai Watu Kodok, terdapat papan petunjuk arah menuju pantai yang berada di pinggir jalan. Jaln masuk ke Pantai Watu Kodok belum sepenuhnya diaspal, jalannya hanya berupa cor blok yang dibentuk seperti jalur moi sepanjang jalan.


Mungkin kita sebagai wisatawan bertanya-tanya, kenapa pantai tersebut diberi nama Watu Kodok ? Ternyata nama Pantai Watu Kodok berasal dari kata watu ndodok (jongkok), karena pada zaman perang dunia II sekitar tahun 1949, pantai ini menjadi tempat nongkrong para serdadu Belanda, dan juga sebagai tempat pengungsian warga Gunung Kidul. Pantai ini juga memiliki sebuatan lain yaitu Watu Kopen, karena pada saat itu tempat ini digunakan untuk memanaskan makanan para tentara Belanda. Setalah Belanda meninggalkan kawasan pantai ini, ada 2 orang penduduk setempat yang bernama Ketro Kliwon dan Setro Semang. Mereka berdua membuka lahan dan menjadi penghuni awal Pantai Watu Kodok.

Fasilitas-fasilitas yang disguhkan oleh Pantai Watu Kodok, masih sangat minim. Karena pantai ini masih terbilang pantai alami, dan jarang dijamah oleh orang. Anda bisa menemukan warung-warung makanan minuman, kamar mandi, lahan parkir, dan gubug-gubug peristirahatan. Meskipun minim fasilitas, anda akan merasa seperti berada di pantai pribadi. Di sore hari anda bisa melihat indahnya pemandangan matahari terbenam, sambil duduk atau rebahan di gubug-gubug yang berada di sekitar. Ketika pantai surut, anda bisa melihat karang-karang yang berada di laut, anda juga bisa bermain-main pasir yang putih.

Memang pantai-pantai di kawasan Gunung Kidul itu memiliki pesona yang mampu menarik wisatawan, apalagi beberapa pantai disana masih jarang dikunjungi wisatawan. Jika anda berlibur ke Yogyakarta, jangan hanya berwisata yang sudah sering dikunjungi wisatawan saja. Coba kunjungi tempat-tempat wisata yang masih jarang dikunjungi.

Nah itulah Pantai Watu Kodok yang harus berada di agenda liburan anda, selamat berlibur, semoga liburan anda menyenangkan dan menjadi liburan yang tidak terlupakan.

No Tag have Found!
Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^
1
×
Halo, dengan RentalMobilJogja.ID. Ada yang mau ditanyakan?