Menu
×

Melihat Berbagai Macam Koleksi Pesawat di Museum Dirgantara Mandala

Provinsi DI Yogyakarta memang terkenal dengan kisah-kisah sejarah dan peninggalan kebudayaannya. Oleh karena itu, tak heran di Yogyakarta terdapat banyak bangunan museum, salah satunya adalah Museum Dirgantara Mandala. Berbeda dengan museum pada umumnya, museum ini dikelola oleh TNI Angkatan Udara (AU). Dengan begitu, jelas diketahui bahwa museum ini para wisatawan dapat melihat sejarah penerbangan di Indonesia. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat berbagai macam model dan koleksi pesawat.

Yang membuat museum ini menjadi terkenal adalah karena di dalamnya terdapat koleksi kedirgantaraan yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan museum-museum lain yang terdapat di Indonesia. Tak hanya dijadikan sebagai museum saja, tempat ini juga dijadikan sebagai basecamp dan tempat kelahiran TNI AURI di Indonesia. Setiap koleksi pesawat yang ada di dalam museum ini semuanya mempunyai peranan penting karena telah berjasa dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta

Sumber foto: akun IG @nuraniistqmh

Museum Dirgantara Mandala ini terbagi menjadi 6 ruangan, berupa ruangan yang digunakan untuk menyimpan pesawat, mesin pesawat, roket, radar, parasut, senjata tajam, senjata api, pakaian dinas, tanda kehormatan koleksi foto, koleksi lukisan dan masih banyak lagi yang lainnya. Dari sekian banyak koleksi yang ada, koleksi yang paling menarik di museum ini adalah pesawat ruang angkasa challenger dan diorama satelit palapa.

Para wisatawan yang datang ke museum ini akan mendapatkan pengalaman yang menarik. Selain dapat melihat koleksi pesawat yang lengkap, para pengunjung juga dapat menaiki beberapa pesawat yang memang diperbolehkan dinaiki. Ditambah lagi, para pengunjung juga dapat menyewa pakaian pilot dan dapat naik di dalam pesawat dengan bergaya sesuai keinginan, kemudian mengabaikannya dalam bidikan kamera. Di tempat ini para wisatawan juga dapat melihat kisah dari pilot-pilot yang begitu pemberani ketika melawan penjajah.

Lokasi dan Rute Perjalanan Menuju Museum Dirgantara Mandala

Museum terkenal akan koleksinya ini berada di komplek TNU AU RI, Lanud Adisutjipto, Yogyakarta. Lokasi museum ini berada di tempat yang cukup tersembunyi, namun untuk menemukannya sangat mudah. Rute perjalanan menuju ke Museum Dirgantara Mandala bisa dimulai dari Fly Over Janti untuk menuju ke Ring Road Timur. Saat tiba di depan SMA Angkasa hanya perlu belok ke kiri untuk sampai ke museum.

Sebaiknya datanglah di waktu yang tepat, karena museum ini buka pada pukul 08.30 hingga 15.00 WIB. Untuk bisa sampai ke museum ini, pengunjungnya harus membayar harga tiket sekitar Rp. 3.000,- untuk per orang. Harga tiket tersebut akan lebih murah jika datang ke sini bersamaan dengan orang banyak atau rombongan. Nah, bagi yang ingin melihat koleksi pesawat yang lengkap datanglah ke museum yang ada di Yogyakarta ini.

Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^