Menu
×

Replika Megahnya Vulkanik di Museum Gunung Api Merapi

Setiap kali mengunjungi kota Yogyakarta tak akan lepas dari ingatan peristiwa meletusnya gunung berapi. Sebagai pengingat tentang kejadian yang merenggut banyak nyawa tersebut terdapat sebuah museum Gunung Api Merapi di kaki gunung Merapi. Terletak di Jalan Boyong, Dusun Banteng, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta dengan luas sekitar 3,5 hektar. Museum ini dibangun sekitar tahun 2005 dan diresmikan pada 1 Oktober 2009. Tempat wisata ini diharapkan dapat menjadi salah satu bentuk wisata yang baru dan bernilai edukasi di kawasan Yogyakarta.

Rute lokasi museum ini sangatlah strategis yaitu dengan jarak 20 kilometer dari arah Yogyakarta. Untuk harga tiket masuk masih tergolong murah meriah sebesar 3 ribu rupiah untuk orang dewasa, 2 ribu rupiah untuk anak-anak dan 5 ribu rupiah untuk tiket menonton film (tragedi gunung meletus).Anda bisa berkunjung kesini setiap hari kecuali hari senin dari setengah delapan pagi sampai setengah empat sore. Museum ini mempunyai 2 lantai dengan fungsi yang berbeda-beda. Di lantai pertama terdapat informasi mengenai kegunungapian dan alat peraga tentang gunung api yang bisa Anda praktikkan. Untuk di lantai dua terdapat beberapa pajangan letusan gunung berapi dan ruang pemutaran film dokumenter.

Lokasi Museum Gunung Api Merapi di Google Map :

Bentuk bangunan dari Museum Gunung Api Merapi ini sangatlah unik dengan bentuk trapesium dan salah satu sisi puncaknya membentuk segitiga. Nilai artistik yang sungguh mempesona dibalik megahnya gunung merapi. Ketika pertama kali memasuki museum ini, Anda akan dikejutkan dengan tiruan awan panas yang mengindikasikan gunung Merapi akan meletus. Suara gemuruh dan lava pijar yang memancar akan terlihat jelas ketika Anda menekan tombol penekannya. Kejadian ini akan mengingatkan para wisatawan akan tragedi meletusnya gunung Merapi beberapa tahun yang lalu.

Museum Gunung Berapi Merapi

sumber foto: Akun Instagram @infomuseumjogja

Tujuan dari pembangunan Museum Gunung Api Merapi ini adalah sebagai wisata edukasi, wisata konservasi tentang pengembangan ilmu dan penanggulangan bencana alam khususnya gunung meletus. Museum ini sangat cocok sekali bagi Anda yang tertarik mempelajari ilmu geologi.Beberapa informasi ilmiah yang akan Anda dapat antara lain tentang gunung berapi, gempa, dan tanda-tanda getaran diatas tanah. Terdapat beberapa ruangan dengan mengambil tema tentang berbagai macam bencana alam seperti On The Merapi On trail, Volcano World, bencana Gempa Bumi, Tsunami dan lain sebagainya.

Menyusuri Museum Gunung Api Merapi ini merupakan kegiatan langka yang wajib Anda kunjungi ketika berada di kota Jogja.Anda akan mendapatkan informasi menarik seputar gunung api mulai dari proses evakuasi jika terjadi gunung meletus, gempa bumi maupun tsunami sampai informasi yang berkaitan dengan aspek sosial budaya. Sungguh sangat mengasyikkan belajar ilmu baru sambil berwisata ria. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk merekam setiap kegiatan dalam memori Anda.

Baca Sebelumnya : Candi Prambanan, Legenda Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang

Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^