Menu
×

Berwisata Sambil Belajar Sejarah di Museum Prambanan

Anda tentu tidak asing lagi dengan Candi Prambanan. Ya, candi yang sering disebut Candi Rorojonggrang ini memang sangat terkenal. Namun, tahukah Anda dengan keberadaan Museum Prambanan? Ternyata di area kompleks Taman Wisata Candi Prambanan  ini terdapat sebuah museum yang wajib didatangi. Usai berkeliling dan berfoto di candi, Anda bisa mampir ke museum ini. Sebab museum ini masih satu kompleks dengan candi. Banyak orang yang melewatkan untuk singgah ke museum ini. Sebab, para pengunjung yang pergi ke Candi biasanya langsung berburu cinderamata di pasar yang ada di kompleks Taman Wisata Candi Prambanan. Padahal tidak ada pungutan sama sekali bagi pengunjung yang datang. Anda hanya perlu membayar tiket masuk menuju Candi Prambanan saja.

Museum Prambanan ini berdiri pada tahun 1988. Awal mulanya, pengelola Candi Prambanan hanya ingin mengumpulkan barang-barang dari masa lampau yang ada hubungan candi tersebut. Namun, akhirnya museum ini menjadi wadah penyimpanan yang bisa disaksikan oleh masyarakat luas.

Museum Prambanan

Sumber gambar : Instagram @valentrisa

Museum ini berdiri di tanah seluas 1 hektar. Gaya arsitektur yang diusung oleh museum ini adalah gaya tradisional. Ini ditandai dengan penggunaan pendopo di salah satu bagian museum ini. Tak hanya itu saja, memasuki area obyek wisata ini, Anda akan melihat arca dwarapala berjumlah 2 buah. Arca tersebut berwujud buto.  Pendapa ini dikelilingi oleh 4 ruang koleksi yang tiap ruangannya memiliki barang koleksi yang unik dan berbeda. Di Ruang Koleksi I, pengunjung akan melihat proses pembuatan relief yang ada di Candi Siwa, salah satu candi di Prambanan. Ada banyak koleksi arca batu di ruang ini diantaranya Ganesha, Wisnu, Nandi, dan Brahma. Bahkan ada juga mustaka masjid yang berusia 1000 tahun dan terbuat dari gerabah.

Museum Prambanan

Sumber gambar : Instagram @anjass123_

Di Museum Candi Prambanan, ruang koleksi II tak kalah menarik dari ruang pertama. Ruangan ini memuat atlas atau peta persebaran situs dan arca di area Taman Wisata Candi Prambanan. Meskipun Candi Prambanan menandakan bahwa candi ini candi Hindu terbesar  di Indonesia, namun bisa dilihat di peta jika di sekitar candi ini terdapat candi agama Budha yaitu Candi Plaosan, Sojiwan dan Sewu.

Di ruang koleksi III, barang koleksi yang disimpan di sini khusus yang memiliki hubungan dengan Dewa Wisnu. Setidaknya ada 3 arca yang masih berhubungan yaitu pertama adalah arca Wisnu yang berdiri di atas teratai bersama Laksmi. Arca kedua adalah inkarnasi dari Wisnu yaitu arca Ramavatara. Sedangkan yang terakhir adalah kendaraan Dewa Wisnu yaitu Lapik Arca Garuda.

Museum Candi Prambanan

Sumber gambar : Instagram @wahyu_utama26official

Di ruang terakhir yaitu Koleksi IV, adalah foto-foto Candi Prambanan zaman dahulu kala yang masih berupa reruntuhan. Selain itu ada pula potret dari candi yang terletak di sekitar Taman Wisata Candi Prambanan. Berkunjung ke Museum Prambanan sangat mengasyikkan apalagi ditemani suara gamelan Jawa yang khas.

Posisi Museum Candi Prambanan di Google Map :

No Tag have Found!
Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^
1
×
Halo, dengan RentalMobilJogja.ID. Ada yang mau ditanyakan?