Menu
×

Pantai Depok Pusatnya Kuliner Laut di Yogyakarta

Yogyakarta merupakan daerah yang kaya potensi laut, mulai dari wisata pantai, perikanan hingga wisata kulinernya. Di Yogyakarta banyak wisata pantai yang kini telah berkembang serta dibudidayakan oleh masyarakat sekitar dan pemerintah kota Jogja. Salah satu pantai yang paling menarik diantara pantai-pantai lain di Yogjakarta yaitu Pantai Depok yang berada di wilayah Bantul. Pantai ini pertama kali yang menerapkan wisata alam sekaligus wisata kuliner.

Pantai Depok merupakan salah satu destinasi wisata alam dan sekaligus pusatnya kuliner laut di Yogyakarta. Pantai ini terletak di kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tepatnya disebelah selatan sekitar 30 kilometer dari kota Yogyakarta. Pantai tersebut letaknya juga tidak jauh dari pantai Parangtritis yakni disebelah barat sekitar 5 kilometer. Jika Anda ingin liburan ke pantai ini, diawali dari kota Yogyakarta rutenya sama dengan jalur menuju ke arah pantai Parangtritis. Namun, yang membedakannya yaitu sebelum masuk ke tempat retribusi pantai Parangtritis, Anda harus belok kekanan dan ikuti petunjuk arah ke pantai Depok.

Pantai Depok

Sumber gambar: Akun IG @sintya_agatha

Wilayah pantai Depok ini merupakan surganya pecinta kuliner laut, karena berbagai jenis ikan segar bisa Anda temukan disini. Pantai ini memang sengaja dikembangkan untuk menjadi pusat wisata kuiner laut khususnya seafood. Di pasar ikan sekitar pantai,  pada saat tulisan ini dibuat, Anda bisa berbelanja ikan segar yang paling murah yaitu ikan cakalang dengan harga Rp 8.000 per kg yang berisi sekitar 5-6 ekor. Tersedia juga sajian ikan kakap merah maupun ikan kakap putih dengan harga Rp 17.000 hingga Rp 25.000 per kg serta ikan bawal dengan harga Rp 27.000 hingga Rp 60.000 per kg. Selain itu, di pantai ini juga tersedia aneka macam udang, cumi-cumi dan kepiting.

Nelayan di pantai ini memiliki hasil tangkapan ikan laut yang sangat besar, ditambah para pengunjung pantai juga semakin bertambah sehingga dibukalah beberapa warung-warung, aneka kedai dan resto yang menyajikan aneka kuliner ikan laut. Jika Anda memilih menikmati liburan di pantai ini, maka Anda tidak perlu harus membawa bekal untuk mengganjal perut karena disekitar pantai terdapat aneka kuliner laut termasuk seafood dan ikan-ikan segar. Anda juga bisa memilih jenis ikan yang diminati lalu pesan untuk dimasakkan di kedai atau warung sekitar pantai, tinggal pilih ingin dibakar, digoreng atau balado. Pada saat artikel ini dibuat, Biaya untuk memasakan ikan untuk 1 kg sekitar Rp 10.000.

Pantai Depok

Sumber gambar: Akun IG @adhari29

Baca Juga : Panorama Pantai Parangracuk: Si Kincir Angin Belanda dari Laut Selatan

Fasilitas yang disediakan di pantai ini sangat lengkap meliputi, transaksi langsung pembelian ikan segar hasil tangkapan nelayan, warung makan khusus menjual seafood, sewa ATV, sewa tikar, kamar mandi dan masjid serta tempat parkir yang luas. Untuk retribusi tiket masuk pantai Depok  yaitu Rp 5.000 per orang.

Lokasi Pantai Depok di Google Map

Tags:  
Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^