Menu
×

Pantai Kukup, Tempat Wisata Favorit di Gunung Kidul

Pantai Kukup merupakan salah satu pantai yang cukup populer di Gunung Kidul. Menuju ke pantai ini kita dapat menempuh perjalanan sekitar 2,5 jam dari pusat kota Yogyakarta. Bila dibanding dengan pantai lain, Pantai Kukup cenderung lebih mempesona dengan pasir putihnya yang cukup khas.

pantai-kukup

Lebih menariknya lagi, Pantai Kukup juga memiliki wilayah laut dangkal sejauh 100 meter dari bibir pantai. Daerah dangkal tersebut dibatasi oleh gundukan terumbu karang yang seakan menjadi pelindung pantai dari terpaan ombak laut. Disana kita bisa bermain, melihat biota laut, terumbu karang, dan masih banyak lagi.

Berbeda dengan pantai di wilayah lain, ketika pasang-surut Pantai Kukup tetap memberikan keindahannya kepada wisatawan. Meski surut, pantai ini tetap memiliki air jernih yang tertampung di terumbu-terumbu karang, khususnya terumbu karang yang masih terisolasi. Sehingga para wisatawan yang datang bisa mencari ikan di terumbu-terumbu karang tersebut.

Namun ketika bermain di Pantai Kukup Gunung Kidul ada baiknya Anda lebih berhati-hati. Biasanya ketika surut, banyak sekali landak dan bulu babi yang terdampar, apabila terinjak maka akan mengakibatkan infeksi dan bahkan kejang. Selalu gunakan alas kaki antiselip ketika Anda meminjakan kaki di terumbu-terumbu karang yang ada.

pantai-kukup

Keindahan tempat wisata pantai tak hanya sampai disitu saja. Tepat di bagian timur, kita bisa menemukan sebuah pulau kecil yang diberi nama Pulau Jumino. Pantai Kukup dihubungkan dengan Pulau Jumino melalui sebuah jembatan yang dibangun khusus. Menariknya lagi, di pulau kecil tersebut kita bisa menikmati laut lepas ketika berdiri di gardu pandang.

pantai-kukup

Sumber foto : IG @prwdst

Menuju ke bagian barat, Pantai Kukup menawarkan pemandangan tebing dengan gua-gua asri yang sering digunakan wisatawan untuk berteduh. Berada di gua tersebut seakan membawa kita masuk ke dunia jaman dulu, apalagi udaranya yang begitu sejuk membuat banyak wisatawan betah berlama-lama disitu. Tak jarang pula beberapa genangan air di gua tersebut menyajikan biota laut yang cukup unik.

Para wisatawan yang datang tak hanya bisa bermain di terumbu karang saja. Di Pantai Kukup Gunung Kidul kita juga bisa berfoto, menikmati kuliner, dan masih banyak lagi. Beberapa lokasi dengan fasilitas lengkap juga telah disediakan, seperti kamar mandi dan stand tempat belanja. Memang berwisata ke pantai-pantai Gunung Kidul tak pernah ada habis-habisnya. Anda pun yang baru saja pertama mungkin berkunjung akan merasa ketagihan kesana lagi.

Lokasi Pantai Kukup Gunung Kidul

Pantai ini terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul. Jaraknya sekitar 1 km dari Pantai Baron dan 25 km ke arah selatan dari Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta.

pantai-kukup

Akses Menuju ke Pantai Kukup Gunung Kidul

Untuk mencapai pantai, terlebih dahulu Anda harus menuju ke Wonosari Yogyakarta dengan jarak kurang lebih 40 km. Dari Wonosari silahkan ambil jalur ke Pantai Baron, Krakal, Kukup dengan jarak kurang lebih 22 km ke arah selatan.

Harga Tiket Masuk

Disini Anda bisa menikmati 8 objek wisata sekaligus yakni Pantai Baron, Kukup, Sepanjang, Drini, Krakal, Sundak, Pulang Syawal, dan Poktunggal dengan harga tiket sebesar Rp. 10.000;

Fasilitas

Fasilitasnya tergolong cukup lengkap mulai dari mushola, wc umum, penginapan, tempat makan, tempat belanja pernak-pernik khas, dan bahkan banyak biota laut yang dijual sepanjang tepian pantai.

Bagaimana, sudah siap berwisata ke Pantai Kukup Gunung Kidul?

No Tag have Found!
Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^
1
×
Halo, dengan RentalMobilJogja.ID. Ada yang mau ditanyakan?