Menu
×

Indahnya Pantai Patehan Pandansari di atas Mercusuar

Sejumlah objek wisata baru berupa wisata pantai kini semakin bermunculan di kabupaten Bantul. Terdapat 4 objek wisata pantai yang baru muncul di Bantul seperti Pantai Pelangi, Pantai Cangkring, Pantai Patehan Pandansari, serta Pantai Cemara Sewu. Kabupaten Bantul memang terkenal dengan objek wisata pantainya, walaupun di wilayah ini memiliki pasir pantai yang berwarna hitam tetapi pemandangannya tak kalah indahnya dengan pantai-pantai lain di Yogyakarta.

Pantai Patehan Pandansari terletak di Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul yang berjarak sekitar 30 kilometer dari kota Jogja dan membutuhkan waktu selama 1 jam perjalanan. Lokasi pantai ini tidak sulit ditemukan karena letaknya berdekatan dengan Pantai Pandansimo beach, Pantai Kuwaru dan Pantai Samas. Saat Anda tiba di kawasan pantai ini, Anda akan disambut oleh sederetan pohon cemara udang yang berbaris rapi sehingga menutupi pesisir pantainya. Pantai ini berada  di wilayah landai sehingga para traveler tidak perlu untuk trekking diatas bukit agar sampai ke pantainya.

Pantai ini memang bukan tempat yang asik untuk bermain air karena di pantai ini memiliki ombak yang sangat besar serta pasir pantainya berwarna coklat kehitaman. Namun, keunikan di pantai tersebut yaitu terdapat mercusuar dengan tingginya sekitar 30 meter. Mercusuar tersebut dibangun pada tahun 1997 sehingga Anda harus berhati-hati bila berada diatas mercusuar terutama dipuncaknya karena pagar yang ada disana sudah mulai terlihat usang.

Pantai Patehan Pandansari

Sumber gambar: Instagram @fx.adeputra

Menikmati pemandangan pantai diatas mercusuar sebaiknya pada waktu sore hari atau saat munculnya sunset. Diatas mercusuar Anda bisa melihat luasnya lautan dengan hanya membayar iuran kebersihan senilai Rp 2.500 per orang. Untuk naik keatas mercusuar memang membutuhkan tenaga ekstra karena Anda harus menaiki ratusan anak tangga yang melingkari mercusuar tersebut. Mercusuar ini digunakan sebagai pemandu untuk para nelayan yang sedang berlayar.

Di Pantai ini Anda bisa menikmati pemandangan deretan pohon cemara di sekitar pantai yang membentang luas serta ombak laut yang tergulung-gulung sangat indah dan juga agrowisata buah naga. Pohon cemara udang yang tumbuh di pantai ini menjadikan pantai Patehan Pandansari cukup unik. Karena ketika tiba musim panas maka seluruh daunnya akan rontok dan hanya tersisa rantingnya saja.

Kawasan wisata pantai tersebut bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk liburan Anda. Dibawah rimbunnya pepohonan, Anda bisa menggelar tikar dan mengeluarkan bekal makanan sambil bersantai menikmati pemandangan lautan. Di sekitar pantai juga terdapat kebun buah naga, para pengunjung bisa memetik buahnya untuk dijadikan oleh-oleh untuk sanak keluarga atau juga bisa menyantap buah naga tersebut di kebunnya langsung dan untuk harganya cukup terjangkau. Selain itu, terkadang di pantai Patehan Pandansari ini juga dijadikan sebagai tempat untuk pemotretan hingga prewedding.

Baca Juga: Pantai Porok Gunungkidul, Wisata Pantai di Gunung Kidul

Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^
1
×
Halo, dengan RentalMobilJogja.ID. Ada yang mau ditanyakan?