Menu
×

Telaga Biru Semin, Telaga Dua Warna Yang Mempesona

Sudahkah Anda merencanakan untuk mengunjungi dan menikmati berbagai tempat wisata yang ada di Indonesia khususnya Yogyakarta? Yogyakarta memiliki banyak destinasi tempat wisata yang belum terekspos seperti Telaga Biru Semin yang sangat sayang untuk Anda lewatkan. Lokasi ini memiliki keindahan alam yang menawan.

Lokasi Telaga Biru Semin 

Lokasi wisata Telaga Biru Semin berada 54 km dari kota Yogyakarta tepatnya di Dsn Ngemplak,  Candirejo, Semin, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Waktu yang ditempuh sekitar +/- 2-2.5 jam menggunakan motor maupun mobil. Bisa juga dengan menyewa mobil di Jogja Empat Roda.

Asal-Muasal Telaga Biru Semin 

Telaga Biru Semin pada mulanya adalah tempat penambangan batu yang kini sudah ditinggalkan.  Sebenarnya hasil penambangan batu tersebut digunakan untuk pembuatan kerajinan. Namun aktifitas penambangan yang terus-menerus membuat bukit-bukit yang awalnya menjulang tinggi menjadi sedikit demi sedikit terkikis dan akhirnya terbentuklah sebuah telaga dengan air yang berubah-ubah warnanya.

Sumber foto : akun IG @faisalwah

Nama Telaga Biru Semin sendiri diambil dari warna air telaga yang kebiruan dan lokasi tempat ini yang berada di kecamatan Semin. Sebenarnya warna air telaga ini terkadang juga nampak kehijauan, tetapi lebih sering terlihat kebiruan.

Dikelilingi Tebing-Tebing Kapur 

Dengan pemandangan hamparan sawah dan pepohonan yang luas nan hijau dapat menghasilkan suasana yang menyegarkan bagi siapapun yang melihatnya. Panorama alam yang ditunjukkan oleh telaga biru semin ini sungguh menakjubkan dan kian cantik dengan warna air Telaga Biru Semin yang berubah-ubah.

Telaga 2 Warna Yang Mempesona Dan Menarik 

Tempat ini menjadi sangat menarik untuk dikunjungi karena kondisi air didalamnya yang berubah antara warna biru dan kehijauan. Perubahan warna pada air telaga ini masih diduga disebabkan oleh kondisi bebatuannya dan kandungan tanah di wilayah tersebut. Masih belum ada penelitian lebih spesifik tentang penyebab perubahan warna pada air Telaga Biru Semin.

Gambar by IG @info.jogjaa

Cocok Untuk Berswafoto 

Bagi para foto hunter Telaga Biru Semin bisa menjadi salah satu tempat yang harus masuk dalam list wisata Anda dikarenakan sangat cocok untuk berswafoto yang menyajikan pemandangan cukup indah dan tentunya akan mengisi feed Instagram Anda lebih terlihat keren dan kekinian.

Tiket Masuk Dan Jam Operasional

Jika akan mengunjungi tempat ini, Anda tidak perlu khawatir karena tidak ada tarif masuknya alias gratis. Namun Anda harus membayar parkir sebesar Rp 3.000,00 untuk motor dan Rp 5.000,00 untuk mobil. Jadi masih sangat ekonomis bukan? Lalu kapan Anda diperbolehkan berkunjung ke tempat ini? Jika Anda memiliki rencana untuk mengunjungi Telaga Biru Semin, jam operasional Telaga Biru Semin ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 – 18.00 WIB.

Baca juga : Pantai Watunene, Pantai Dreamlandnya Jogja yang Tak Boleh Terlewatkan

Fasilitas Yang Disediakan

Pengelola wisata Telaga Biru Semin menyediakan beberapa fasilitas seperti: 

  1. Toilet
  2. Mushola
  3. Penyewaan pelampung
  4. Beberapa warung makan
  5. Tempat parkir

 

Artikel menarik lainnya : Eksotisme Kebudayaan Multikultural Pantai Ngobaran Patut Anda Kunjungi

No Tag have Found!
Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^