Menu
×

Serunya Berwisata Keluarga di Tlogo Putri Kaliurang

Tlogo Putri Kaliurang adalah sebuah tempat wisata keluarga yang terletak di jalan Tlogo Putri, Hargobinangun, Pakem, kabupaten Sleman, Yogyakarta. Untuk sampai di kawasan wisata ini, hanya diperlukan waktu kurang lebih 1 jam dari pusat kota Yogyakarta. Meskipun bernama “tlogo”, namun jangan harap Anda akan menemukan sebuah telaga di tempat ini. Namun, Anda akan menjumpai sebuah bendungan kecil yang dimanfaatkan sebagai area bermain kano dan bebek air. Meskipun demikian, Anda tidak akan kecewa jika berkunjung ke lokasi wisata ini. Terletak satu komplek dengan kawasan wisata Kaliurang, pengunjung yang datang ke lokasi dapat menikmati wisata alam dan edukasi sekaligus.

Terdapat museum gunung Merapi dan Ullen Sentalu yang dapat dikunjungi untuk menambah wawasan Anda. Selain itu, jika Anda ingin berada sedikit lama di kota Yogyakarta, pengelola telah menyediakan beberapa wisma penginapan di kawasan wisata ini. Di Tlogo Putri Kaliurang sendiri, pengunjung dapat menikmati wisata air dengan menyewa kano untuk berkeliling di sekitar bendungan. Selain itu, tempat ini juga menyediakan taman bermain untuk anak yang dilengkapi dengan beberapa permainan seperti perosotan, jungkat-jungkit, ayunan, bianglala, dan lainnya. Flying fox juga tersedia di sini. Anda juga akan menjumpai beberapa ekor monyet liat di sekitaran tempat wisata. Kehadiran monyet-monyet liar ini tidak membahayakan pengunjung karena mereka telah terbiasa dengan keberadaan manusia di sekitarnya. Jika cukup beruntung, Anda juga akan menjumpai seekor elang jawa yang hampir punah dan dilindungi pemerintah di kawasan ini.

Tlogo Putri Kaliurang

Sumber Gambar : Akun Instagram @alif.poetra92

Keuntungan lain yang didapat ketika mengunjungi Tlogo Putri Kaliurang adalah Anda dapat menikmati panggung hiburan yang berupa orkes dangdut, melayu, campur sari atau pentas seni tradisional lainnya setiap hari Minggu secara gratis. Jika Anda menyukai kegiatan outdoor, maka Anda dapat melakukan trekking dengan menyusuri jalan setapak memasuki hutan untuk menuju wisata Kaliadem, Kalikuning, air terjun Tlogo Muncar dan Watu Kemloso. Keuntungan lainnya adalah kawasan ini juga dijadikan sebagai basecamp bagi wisatawan yang ingin mengunjungi gunung Merapi.

Tlogo Putri, Kaliurang

Sumber Gambar : Akun Instagram @ezry507

Karena terletak di lereng selatan gunung Merapi, kawasan wisata ini memiliki udara sejuk khas pegunungan. Sehingga Anda sebaiknya mengenakan pakaian tebal atau jaket jika tidak ingin kedinginan. Tempat rekreasi untuk keluarga ini biasanya selalu ramai dikunjungi, terutama di hari Minggu atau hari libur nasional. Untuk itu, Anda disarankan untuk datang di hari biasa bila ingin menghindari keramaian.

Lokasi Tlogo Putri Kaliurang di Google Map :

Untuk memenuhi kebutuhan perut setelah berjalan-jalan, Anda dapat mencoba makanan khas Kaliurang seperti jadah tempe, sate kelinci, dan tongseng kopyok kelinci di warung-warung kuliner sekitar tempat wisata. Pada saat artikel ini dimuat, tiket masuk Tlogo Putri Kaliurang juga cukup terjangkau, yakni sekitar Rp 5.000 saja per orang.

Artikel Menarik Lainnya :
Desa Wisata Dome / Teletubies: Destinasi Wisata Unik untuk Traveller Sejati
Mencicipi Cita Rasa Gurih dan Pedas dari Tongseng Ayam Moro Seneng

Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^
1
×
Halo, dengan RentalMobilJogja.ID. Ada yang mau ditanyakan?