Menu
×

Asyiknya Berkunjung ke Air Terjun Tlogomuncar

Keindahan derasnya air terpancar di salah satu objek wisata alam di Yogyakarta yaitu air terjun Tlogomuncar. Pesona air yang mengalir dengan debit yang lumayan besar membuat suara gemuruh di sekeliling air terjun. Terletak di Desa Harjobinangun Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman, Yogyakarta dengan ketinggian mencapai sekitar 40 meter dan 878 mdpl. Air terjun ini biasa dikenal oleh orang-orang sekitar dengan sebutan air terjun Kaliurang karena berada di area taman wisata Kaliurang.

Untuk menuju ke air terjun Tlogomuncar ini akses jalannya sangatlah mudah. Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Rute jalan yang begitu mulus tanpa ada jalan yang curam. Untuk tarif tiket masuk sekitar 10 ribu dengan kesegaran air terjun yang bisa Anda nikmati sepuasnya. Sumber air di sini berasal dari lereng bukit Plawangan yang letaknya berdekatan dengan air terjun. Berpusat pada sumber mata air yang ada di gunung Merapi. Semenjak gunung Merapi meletus beberapa tahun lalu sangat berdampak pada aliran air terjun ini yang tak begitu deras.

Panorama yang menyejukkan mata terlihat di sekeliling air terjun Tlogomuncar ini. Pepohonon dengan lebatnya tumbuh di sisi kanan dan sisi kiri air terjun. Suasana sejuk dan hijau ketika berada di dekat air terjun. Satu kegiatan yang wajib Anda lakukan yaitu merendamkan kaki dan bermain air di tepi air terjun. Ini merupakan kegiatan yang sangat mengasyikkan dan bisa menyegarkan pikiran Anda dari kepenatan rutinitas sehari-hari yang Anda lakukan. Debit air ketika musim penghujan sangatlah deras dan ketika musimĀ  kemarau mengalami sedikit kekeringan.

Air Terjun Tlogomuncar

sumber gambar: Akun Instagram @nety19

Beberapa fasilitas yang ditawarkan di air terjun ini antara lain gazebo (tempat berteduh), tempat beribadah, tempat parkir, toilet, dan tempat makan. Tak hanya itu bagi Anda yang ingin menikmati suasana di sini lebih lama lagi terdapat beberapa penginapan dekat dengan lokasi air terjun. Untuk tarif per malamnya cukup terjangkau mulai dari puluhan ribu sampai ratusan ribu. Tak ada salahnya jika Anda bersama keluarga besar menginap untuk menikmati api unggun dan bakar jagung bersama di dekat air terjun ini.

Beberapa spot menarik yang disuguhkan oleh air terjun Tlogomuncar sangat cocok sekali bagi Anda pecinta dunia fotografi. Dari bawah air terjun sambil bermain air, duduk di bebatuan melihat derasnya air terjun di gazebo pun cukup cantik dijadikan angle fotografi Anda. Setelah puas dengan berpose ria, tak lengkap jika mengunjungi taman wisata tanpa membawa oleh-oleh untuk sanak keluarga di rumah. Ada beberapa buah tangan khas Jogja di air terjun ini. Pastikan Anda membawa salah satunya. Selamat menikmati dinginnya air terjun dan jangan lupa untuk berbelanja.

Baca Sebelumnya:

Wisata Air Terjun Kembang Soka, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Jogjakarta
Berwisata Ke Pantai Somandeng Sidoharjo Tepus

Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^